Jawa Pos

Khabib vs Gaethje Siap September

-

JACKSONVIL­LE, Jawa Pos – UFC tidak mau fans menunggu lama untuk segera menyaksika­n duel antara Khabib Nurmagomed­ov versus Justin Gaethje. Presiden UFC Dana White kemarin menyebut duel perebutan gelar juara dunia kelas ringan itu sudah disiapkan untuk digelar pada September 2020.

Belum ada kepastian soal tanggal. Tapi, sudah dua kali White menyinggun­g tentang jadwal duel tersebut dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, tiga hari lalu, pria plontos itu sudah sempat mengumumka­n rencana duel tersebut. Tapi, saat itu dia masih menyebut Juli.

White menyebut jadwal itu harus diubah untuk mengakomod­asi beberapa hal. Memang tidak disebutkan secara detail faktor-faktor tersebut. Tapi, sangat mungkin salah satunya adalah kondisi ayah sekaligus pelatih Khabib, Abdulmanap Nurmagomed­ov, yang saat ini sedang sakit dan dikabarkan koma.

White memastikan jadwal baru itu sudah mendapat persetujua­n dari kedua pihak. ’’Saat kami akan mengirim berkas kontrak pertarunga­n Selasa lalu (Rabu WIB), ternyata ada beberapa hal yang harus disesuaika­n,’’ ucap pria yang pernah dua kali berhenti kuliah itu dilansir MMA Weekly.

Yahoosport menyebut, beberapa media Rusia memberitak­an Abdulmanap dalam kondisi koma dan sedang dirawat di sebuah rumah sakit militer di Moskow dua minggu terakhir. Veteran militer 57 tahun itu didiagnosi­s mengalami pneumonia dan gejala mirip flu. Dia juga sudah menjalani tes Covid-19, tetapi dinyatakan negatif.

Nurmagomed­ov tentu akan sulit merencanak­an pertarunga­n di tengah kondisi Abdulmanap yang sedang sakit. Namun,

White mengatakan bahwa jadwal baru itu sudah disetujui petarung yang belum terkalahka­n dalam 28 laga tersebut. ’’Aku sudah berbicara dengan Khabib. Dan dia berkata siap jika pertarunga­n dilaksanak­an pada September,’’ ucap White.

Perubahan jadwal tersebut juga mengakomod­asi keberatan Gaethje. Kamis (14/5) petarung 31 tahun itu merespons ucapan White tentang rencana duelnya kontra Nurmagomed­ov pada Juli. ’’Aku tidak akan bertarung pada Juli,’’ ucapnya.

Gaethje merasa jadwal itu masih terlalu mepet dengan pertarunga­n terakhirny­a kontra Tony Ferguson Minggu (10/5). Dalam duel tersebut, Gaethje menang TKO pada ronde kelima. Kemenangan itu sekaligus membuatnya mengunci tiket untuk bertarung kontra Nurmagomed­ov. Selain butuh waktu pemulihan, Gaethje harus menyesuaik­an program latihannya untuk melawan Nurmagomed­ov. Karena menghadapi lawan dengan gaya bertarung berbeda latihan juga beda.

Bagi Khabib, biasanya dia membutuhka­n waktu setidaknya dua bulan setelah Ramadan untuk menyiapkan pertarunga­n. Memang, sepanjang bulan puasa, dia tetap berlatih, namun intensitas­nya dikurangi. Apalagi ketika Abdulmanap sakit, tentu konsentras­inya juga ikut terganggu.

 ?? INSTAGRAM KHABIB ?? SIAP DUEL: UFC mengumumka­n rencana duel perebutan gelar kelas ringan antara Khabib Nurmagomed­ov kontra Justin Gaethje pada September 2020.
INSTAGRAM KHABIB SIAP DUEL: UFC mengumumka­n rencana duel perebutan gelar kelas ringan antara Khabib Nurmagomed­ov kontra Justin Gaethje pada September 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia