Jawa Pos

Minta Lawan Sparing, Tidak Boleh

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pelatnas paragames dihentikan sejak 1 April lalu. Meski begitu, masih ada beberapa atlet yang menjalani latihan mandiri di Solo. Salah seorang di antaranya adalah bintang parabadmin­ton Leani Ratri Oktila.

’’Kami tetap latihan biasa dan memperhati­kan protokol kesehatan yang berlaku,’’ ungkap Leani ketika dihubungi kemarin. ’’Tetapi, tidak bisa dimungkiri memang ada rasa bosan dan jenuh. Biasanya kan ramai. Sekarang hanya tinggal beberapa orang saja,’’ tambah tunggal putri kategori SL4 terbaik dunia tersebut.

Karena itu, dia sempat meminta kepada Kemenpora untuk mendatangk­an lawan sparing dari luar pelatnas. Tidak muluk-muluk dari luar negeri. Cukup dari klub-klub lokal di sekitar Solo. Dengan begitu, dia dan beberapa pemain lain yang masih bertahan di Solo bisa tetap mengasah insting bertanding.

Permintaan tersebut langsung direspons Menpora Zainudin Amali. Dia mengatakan, memang agak susah untuk bisa mewujudkan hal itu dalam kondisi pandemi penyakit menular seperti sekarang. Bagi yang sudah berada di pelatnas, memang aman. Sebab, mereka sudah melakukan karantina mandiri selama berbulan-bulan.

’’Tetapi, yang datang dari luar itu yang tidak aman. Dari luar harus ada pemeriksaa­n ketat, mengecek peralatann­ya steril atau tidak. Ini yang menjadi kekhawatir­an kami,’’ jelas Amali kemarin.

Politikus Partai Golkar itu memahami, pasti ada rasa bosan yang melanda para atlet. Tetapi, keselamata­n mereka justru harus diutamakan. Amali mencontohk­an pelatnas PBSI di Cipayung yang menjalanka­n prosedur ketat. Mereka membatasi akses keluar masuk kompleks Cipayung. Bahkan, bertemu keluarga pun tidak boleh.

’’Ini (mendatangk­an lawan sparing dari luar, Red) perlu pertimbang­an ketat,’’ kata Amali. ’’Atlet di dalam memang sehat. Tetapi, yang datang dari luar bisa membawa penyakit. Satu pelatnas bisa kena. Ini kasihan para atletnya juga,’’ imbuh menteri 58 tahun itu.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BUTUH LAWAN: Leani Ratri Oktila tampil di Asian Para Games 2018 (13/10/2018). Dia masih bertahan di pelatnas parabadmin­ton di Solo.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS BUTUH LAWAN: Leani Ratri Oktila tampil di Asian Para Games 2018 (13/10/2018). Dia masih bertahan di pelatnas parabadmin­ton di Solo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia