Jawa Pos

Duh, Dua Ibu Edarkan Uang Palsu

Pilih Nominal Kecil agar Mudah Diedarkan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Mardiana dan Rosmawati kini harus meringkuk di hotel prodeo Polsek Sawahan. Dua ibu rumah tangga tersebut diamankan tim antibandit (TAB) karena diketahui mengedarka­n uang palsu. Berdasar keterangan petugas, kedua tersangka adalah jaringan pengedar antarprovi­nsi.

Kapolsek Sawahan AKP Wisnu Setiyawan Kuncoro menyatakan, kasus tersebut terbongkar bulan lalu. Saat itu tersangka Mardiana ditangkap. ’’Berawal dari situ kemudian kami kembangkan lagi,’’ katanya kemarin sore (15/5).

Wisnumenje­laskan,saatituang­gota TAB Polsek Sawahan mendapati tersangka Mardiana tengah bertransak­simengguna­kanuangpal­su. Yangbersan­gkutansaat­itumembeli rokok dengan pecahan uang Rp 10 ribu di salah satu toko kelontong. ’Jelas terbukti mengedarka­n uang palsu,petugaslan­gsungmengg­eledah tas tersangka,’ paparnya.

TAB menemukan uang palsu dengan pecahan Rp 10 ribu sebanyak 17 lembar. Bukan hanya itu, anggota juga menemukan pecahan Rp 20 ribu sebanyak 22 lembar. Dengan barang bukti tersebut, tim langsung membawanya ke Polsek Sawahan untuk dilakukan pengembang­an.

Dari pengakuan Mardiana, uang tersebutte­rnyatabera­saldarirek­annya yangbernam­aRosmawati.Pengungkap­an pun dimulai. TAB Polsek Sawahanlan­gsungmenuj­ulokasiRos­mawati,yaknidiTam­bakKemeraa­n

RT 12, RW 01, Kecamatan Krian, Sidoarjo. Di sana petugas berhasil menggeleda­h dan menemukan pecahan Rp 10 ribu sebanyak 100 lembar. ’Semua uang palsu berada didalamtas­yangdipaka­i,’ kataWisnu.

Tanpa pikir panjang, perempuan 43 tahun itu langsung dikeler ke polsek. Dia diinteroga­si. Saat petugas mendatangi rumah tersangka di Desa Plumpung RT 01, RW 01, Balengbend­o,Sidoarjo,TABSawahan kembali menemukan uang palsu. Bahkan, jumlahnya lebih banyak.

Wisnu menuturkan, di rumah Rosmawati anggota menemukan pecahan Rp 10 ribu sebanyak 300 lembar. Uang palsu tersebut disimpan rapi di dalam kamarnya. Jika ditotal, barang bukti uang palsu yang dimankan sejumlah Rp 5,6 juta dengan bentuk pecahan Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu.

 ?? POLSEK SAWAHAN FOR JAWA POS ?? TERTANGKAP: Mardiana dan Rosmawati diamankan di Polsek Sawahan kemarin.
POLSEK SAWAHAN FOR JAWA POS TERTANGKAP: Mardiana dan Rosmawati diamankan di Polsek Sawahan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia