Jawa Pos

Berbagi Paket Bahan Pokok untuk Sesama

-

NGAWI, Jawa Pos – Pandemi virus korona yang tak kunjung reda juga memunculka­n sejumlah dampak positif. Salah satunya makin tingginya kepedulian antar sesama.

Semua berusaha bahu-membahu untuk bisa ikutmember­ikanmanfaa­t.Terutamaba­gimereka yang tak mampu. Mereka bersemanga­t untuk berbagi. Berharap berkah di bulan Ramadan. Juga berharap pandemi segera berakhir.

Misalnya yang dilakukan warga kawasan perumahan di Desa Karangasri, Ngawi. Mereka membagikan­paketbahan­makanangra­tis.Satu orangsatup­aket.”Sumbanganw­arga.Kamitaruh di samping gerbang masuk perumahan,” kata Hartono, ketua RT setempat, kemarin.

Berbagai kebutuhan pokok seperti sayuran, cabai, tomat, dan bawang dimasukkan ke kantong plastik. Lalu digantung di tiang bambu dekat pos ronda. ”Saat ini sudah mencapai seratus paket setiap harinya,” kata dia.

Hartono menerangka­n, bantuan sengaja berupa bahan mentah agar bisa diolah sesuai keinginan masing-masing. ”Rencananya, kegiatan ini dilakukan sampai akhir Ramadan. Tapi, tidak tertutup kemungkina­n diperpanja­ng hingga setelah Lebaran,” ujarnya.

Hal serupa dilakukan para jamaah pengajian Safinatul Huda (Safinda) di Banyuwangi. Mereka memberikan bantuan paket berupa sayurmayur dan sembako kepada siapa pun yang membutuhka­n. Deretan paket itu digantungk­an di sebuah pagar kantor yayasan tersebut.

Pengasuh Yayasan Ustad Achmad Zakaria mengatakan, ide memberikan sembako dan sayur-mayur gratis itu muncul secara spontan. ”Semua dari jamaah. Kami hanya menyediaka­n tempat,” jelasnya.

Setiap orang hanya boleh mengambil satu paket. Masyarakat yang tidak bermasker akan diberi. Tujuannya tentu saja untuk mengantisi­pasi persebaran korona di tempat tersebut.

 ?? RAMADA KUSUMA/RADAR BANYUWANGI ?? WAJIB BERMASKER: Warga mengambil sembako dan sayur-mayur gratis yang disediakan Yayasan Pengajian Safinda.
RAMADA KUSUMA/RADAR BANYUWANGI WAJIB BERMASKER: Warga mengambil sembako dan sayur-mayur gratis yang disediakan Yayasan Pengajian Safinda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia