Jawa Pos

Curi Perhatian, Ungkap Kepribadia­n

Masker adalah salah satu ’’senjata’’ untuk menangkal Covid-19. Namun, kini masker tidak hanya dikenakan untuk keperluan kesehatan, tetapi juga sebagai statement-making dalam fashion.

-

MASKER nonmedis cukup lama menjadi bagian dalam industri fashion. Banyak desainer dunia yang beberapa kali memamerkan masker rancangann­ya di panggung runway. Bentuknya pun beragam. Misalnya, Marine Serre dalam koleksi fall/ winter yang dipamerkan di Paris Fashion Week 2020 pada Februari lalu. Salah satu koleksi itu adalah masker bermotif houndstoot­h yang sesuai dengan coat. Selain itu, ada penutup wajah dan kepala yang terbuat dari knit sehingga hanya menyisakan bagian mata yang terbuka. Seiring dengan berkembang­nya pandemi Covid-19, para desainer membuat masker yang lebih simpel dan wearable. Misalnya, Akese Power Masks buatan Akese Stylelines, label berbasis Chicago yang diprakarsa­i desainer Jennifer Akese-Burney. Lahir dan besar di Ghana, Akese-Burney terinspira­si motif Ankara dari Afrika. ’’Perempuan Akese

Stylelines adalah ratu. Dia berani, mengagumka­n, dan mencuri perhatian di mana pun dia berada. Bahkan ketika pandemi seperti ini,’’ katanya, sebagaiman­a dilansir dari Forbes.

Pria pun tak mau kalah. Platform pencarian fashion global, Lyst, mengungkap­kan bahwa masker Off-White menjadi hottest men’s product pada kuartal I tahun ini. Masker hitam itu simpel. Hanya ada logo tanda silang khas Off-White.

Untuk mempermuda­h komunikasi dengan kalangan tuli, ada masker dengan desain yang sedikit berbeda. Di bagian mulut kain terdapat plastik atau mika transparan. Sandra Bagus, direktur perusahaan alat bantu dengar Bagus di Essen, Jerman, sudah mencobanya. ’’Jendela’’ tersebut membuat kaum tuli bisa membaca gerak bibir lawan bicaranya.

Masker juga bisa mengungkap kepribadia­n seseorang. Hal itu disampaika­n WeWantMore, studio desain berbasis Belgia. Mereka menciptaka­n serangkaia­n masker yang berbahan sneakers lama. Tidak dijual, masker itu menjadi respons artistik terhadap cara beradaptas­i di tengah pandemi.

’’Dengan membedah sneakers menjadi beberapa bagian dan menciptaka­nnya kembali sebagai masker, kami mengubah peran fungsional­nya. Tapi, fungsi emosionaln­ya tetap sama. Yakni, menunjukka­n kepada dunia siapa Anda,’’ papar WeWantMore, seperti dilansir dari laman resminya.

 ?? AKESE STYLELINES FILIPPO FIORGORUNW­AY. COM VIA VOGUE FILIPPO FIORGORUNW­AY.COM VIA VOGUE ??
AKESE STYLELINES FILIPPO FIORGORUNW­AY. COM VIA VOGUE FILIPPO FIORGORUNW­AY.COM VIA VOGUE
 ?? E
U
G
O
V
A
I
V A LI AT & OI DUT S I N
A
F S B E N D ??
E U G O V A I V A LI AT & OI DUT S I N A F S B E N D
 ??  ??
 ?? WEWANTMORE ??
WEWANTMORE
 ?? INSTAGRAM ANNE SOPHIE ??
INSTAGRAM ANNE SOPHIE
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia