Jawa Pos

Ganas tanpa Pemain Ke-12

-

DORTMUND, Jawa Pos – Salah satu kecemasan Borussia Dortmund ketika Bundesliga kembali dilanjutka­n di tengah pandemi Covid-19 adalah, hilangnya dukungan puluhan ribu suporter mereka. Bagaimana tidak. Nyaris di setiap laga kandang, 81 ribu kursi di Signal Iduna Park selalu terisi.

Namun, tim asuhan Lucien Favre itu membuktika­n, bahwa tanpa pemain ke-12 alias supporter, timnya bisa tampil ganas. Itu tersaji saat mereka menang empat gol tanpa balas pada derbi Revier ke-156 kontra Schalke 04 tadi malam.

Bahkan, adaptasi Die Borussen-julukan Dortmund--pada laga tanpa penonton tak membutuhka­n waktu lama. Ini setelah striker Erling Haaland membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-29. Itu adalah gol ke-13 dalam 12 pertanding­annya bersama Dortmund. Mereka kian merajalela dengan tambahan tiga gol susulan hanya dalam rentang 34 menit. Masing-masing lewat wide attacker Thorgan Hazard (48’) dan dua gol fullback Raphael Guerreiro (45’ dan 63’).

Poin penuh atas Schalke membuat Dortmund hanya selisih satu angka dari Bayern Muenchen sebagai pemuncak. Itu sekaligus tekanan bagi Bayern yang baru bertanding malam ini melawan Union Berlin.

Meski begitu, Favre mengatakan bahwa ada yang aneh saat tampil di depan stadion melompong. Itu belum termasuk kondisi pe

main yang belum 100 persen seperti dua bulan lalu sebelum kompetisi dihentikan. Favre kemudian memberi kredit khusus kepada Bundesliga yang mengizinka­n aturan baru berupa pergantian pemain hingga 5 kali. Tadi malam, dia menggunaka­n empat di antaranya.

“Mental adalah kunci dari pertanding­an seperti ini. Kami bersyukur bahwa ada tim psikologi yang hebat di belakang kami,” ucap pelatih asal Swiss itu seperti dilansir Daily Mail.

 ?? MARTIN MEISSNER/AFP PHOTO ?? SULIT DITEMBUS: Eksekusi tendangan bebas gelandang Schalke Daniel Caligiuri (depan kiri) gagal menerobos pagar hidup pemain Borussia Dortmund pada laga tadi malam.
MARTIN MEISSNER/AFP PHOTO SULIT DITEMBUS: Eksekusi tendangan bebas gelandang Schalke Daniel Caligiuri (depan kiri) gagal menerobos pagar hidup pemain Borussia Dortmund pada laga tadi malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia