Jawa Pos

Tim Pelatih Terus Awasi Kondisi Pemain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemain Persebaya Surabaya tidak bisa bersantai meski saat ini tengah diliburkan. Sebab, tim pelatih selalu memantau kondisi mereka.

Apalagi, libur yang diberikan juga cukup panjang. Skuad baru akan kembali melakoni latihan dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri. Artinya, jatah libur yang diberikan adalah tiga pekan. Karena itu, tim pelatih tidak bisa sembaranga­n membebaska­n aktivitas pemainnya. Kondisi fisik harus tetap dijaga.

Tapi, cara tim pelatih memantau pemain tidak seketat sebelum libur. ’’Kami akan memantau mereka (pemain) melalui WhatsApp ataupun telepon,’’ kata pelatih fisik Persebaya Gaselly Jun Panam. Karena itu, dia meminta para pemain untuk tetap menjaga kondisi masingmasi­ng. ’’Jaga kesehatan dan kebersihan selama libur,’’ tambah mantan pelatih fisik Tira Persikabo tersebut.

Selain itu, pola makan harus dijaga. Menurut pelatih Persebaya Aji Santoso, libur selama tiga pekan bisa membuat pemain lupa diri. Karena itu, dia meminta pemainnya bisa mengerem konsumsi makanan berlebih. ’’Yang jelas, saya minta setelah libur Lebaran pemain tidak boleh overweight. Karena setelah Lebaran kan masih ada latihan,’’ terang mantan pelatih Persela Lamongan

dan PSIM Jogjakarta tersebut.

Sejauh ini, kondisi anak asuhnya dinilai sudah cukup bagus. Dalam latihan online terakhir Rabu lalu (13/5), Aji mengaku puas dengan kondisi anak asuhnya. Sebab, tidak ada pemain yang bermasalah dengan kondisi fisiknya meski memasuki bulan Ramadan. ’’Sampai saat ini kondisi pemain normal. Tidak ada masalah dan tidak ada yang overweight,’’ tambah bapak lima anak tersebut.

Hanya, ada beberapa pemain yang memang tidak mengikuti latihan online. Dia adalah gelandang M. Alwi Slamat. Pemain 23 tahun itu saat ini tengah pulang kampung di Tulehu, Maluku. Nah, perbedaan waktu antara Tulehu dan Surabaya adalah dua jam. Karena itulah, Alwi absen melakoni latihan online. Sebab, saat pemain Persebaya berlatih pukul 16.00 WIB, di Tulehu sudah masuk waktu berbuka puasa.

’’Kondisinya tidak memungkink­an untuk ikut latihan online,’’ jelas mantan pemain PSMS Medan tersebut. Meski begitu, bukan berarti Alwi tidak melakukan latihan. Dia tetap menjalani porsi latihan yang diberikan tim pelatih Green Force. ’’Biasanya sore sebelum berbuka saya melakukan latihan individu,’’ tambah Alwi.

Alwi pun cukup bersyukur meski tidak bisa bergabung dalam latihan online. Sebab, dia bisa lebih banyak menghabisk­an waktu dengan keluarga besarnya. ’’Biasanya Ramadan hanya ada waktu libur satu atau dua hari. Sekarang sepanjang Ramadan saya di rumah,’’ tuturnya. ’’Bagi saya, Ramadan ini sangat spesial,’’ imbuh pemain yang juga anggota TNI tersebut.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? SEMANGAT: Para pemain Persebaya Surabaya belum tahu kapan bisa berlatih bersama lagi.
ANGGER BONDAN /JAWA POS SEMANGAT: Para pemain Persebaya Surabaya belum tahu kapan bisa berlatih bersama lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia