Jawa Pos

Nole Bidik Rekor Federer

-

NEWPORT, Jawa Pos – Ketika musim turnamen tenis berhenti, pemain nomor satu dunia Novak Djokovic menebar kepercayaa­n diri. Petenis Serbia itu menyebut dirinya bisa memecahkan rekor sebagai pengumpul gelar grand slam terbanyak sepanjang sejarah tunggal putra sebelum pensiun.

Predikat tersebut sampai saat ini masih dipegang Roger Federer. Petenis asal Swiss yang kini sudah berusia 39 tahun itu telah mengumpulk­an 20 gelar mayor. Nole, sapaan Djokovic, sudah mengoleksi 17 titel grand slam. Hanya tertinggal tiga gelar lagi dan selisih dua gelar dari Rafael Nadal yang mengumpulk­an 19 titel.

’’Aku selalu percaya dengan diriku sendiri,’’ tegas Nole sebagaiman­a dilansir ESPN. ’’Aku sangat yakin bisa memecahkan rekor Roger tersebut. Dan aku pastikan mulai saat ini itu adalah target utamaku,’’ tambah petenis 32 tahun tersebut.

Nole memang punya bekal mumpuni untuk mewujudkan ambisi itu. Saat ini, dia sedang berada di ranking puncak. Performa dia juga masih sangat terjaga. Dia meraih gelar grand slam terakhir sebelum kompetisi dihentikan total akibat persebaran virus korona baru pada Maret lalu. Yakni, Australian Open. Itu adalah trofi Australian Open-nya yang kedelapan sepanjang karir.

Selain itu, dia memenangi Dubai Tennis Championsh­ip untuk kali kelima. Awal tahun ini, dia juga mengantar Serbia menjadi kampiun ATP Cup. ’’Aku sama sekali tidak percaya dengan batas. Batas hanya ilusi yang dibuat oleh ego dan pikiranmu sendiri,’’ ucap Nole.

Sikap Nole yang berapi-api itu sangat kontras dengan kondisinya pada awal 2018. Mentalnya sempat hancur gara-gara cedera siku selama dua tahun. Dia menjalani operasi pada Februari. Sempat come back di Indian Wells dan Miami Open, tapi langsung tumbang di babak pembuka. Dia lalu mengumpulk­an tim dan keluargany­a. Lalu, menyatakan bakal gantung raket. ’Diabilang,’Guys,kaliantahu.. kayaknya aku selesai. Aku tidak tahu apakah aku berhenti selama enam bulan, setahun, atau selamanya,’ kisahsangi­stri,Jelena,disitus resmi ATP.

 ?? KARIM SAHIB/AFP ?? MOTIVASI TINGGI: Novak Djokovic hanya tertinggal tiga gelar grand slam dari Roger Federer.
KARIM SAHIB/AFP MOTIVASI TINGGI: Novak Djokovic hanya tertinggal tiga gelar grand slam dari Roger Federer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia