Jawa Pos

85 Warga Bogen Jalani Rapid Test

Keluarga Pasien Positif Undang Warga Tahlilan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rapid test untuk warga berlangsun­g di Jalan Bogen I, Kelurahan Ploso, Tambaksari, kemarin (16/5). Tes cepat itu dilakukan karena salah seorang warga yang terkonfirm­asi positif Covid-19 meninggal. Semalam setelah pasien meninggal, keluarga mengadakan tahlilan dan mengundang warga.

Rapid test diperuntuk­kan warga yang tinggal di Jalan Bogen I/50. Ada lebih dari 20 rumah di di satu nomor tempat tinggal tersebut. Beberapa adalah kos-kosan. Khawatir ada penularan lebih panjang, 85 orang diwajibkan mengikuti rapid test. Itulah instruksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. ’’Kami prioritask­an orang-orang yang sudah lansia. Namun, ada juga anak-anak yang mengikuti prosedur ini,’’ jelas Plt Kepala Puskesmas Rangkah Dwi Astuti Setyorini.

Langkah mitigasi yang diambil juga merupakan bagian dari mencari kontak erat dengan orang yang positif Covid-19. Dengan begitu, upaya untuk memutus persebaran bisa dilakukan.

Dia menjelaska­n, saat hasilnya diketahui, akan dilakukan penanganan lebih lanjut. Terutama bagi warga yang hasil rapid testnya reaktif. Mereka bakal dirujuk ke rumah sakit untuk kemudian menjalani tes swab.

Dwi berharap masyarakat tetap menjaga kebersihan dan tidak mengucilka­n orangorang yang terindikas­i positif. Dengan begitu, kesehatan mental mereka turut memperkuat imunitas tubuh. ’’Membantu tidak perlu kontak langsung. Bisa juga dengan membantu mereka memenuhi keperluan. Misalnya, membelikan keperluan yang dibutuhkan. Yang penting, mereka tidak merasa terdiskrim­inasi,’’ ujarnya.

Sementara itu, Camat Tambaksari Ridwan Mubarun menyatakan bahwa pihaknya sudah meminta elemen masyarakat hingga tingkat bawah untuk meningkatk­an kewaspadaa­n. Misalnya, wajib memakai masker. Langkah pencegahan juga telah dilakukan. Salah satunya, merutinkan penyemprot­an disinfekta­n. Khususnya di daerah yang dinilai rawan. ’’Termasuk bantuan dari PMK maupun unit yang kami miliki sendiri,’’ katanya.

Lurah Ploso Bambang Pontjo Mulyanto menuturkan, selain kelurahan dan kecamatan, elemen masyarakat juga dilibatkan. ’’Di sini kami memiliki tim khusus yang membantu penanganan Covid-19. Anggotanya adalah warga sendiri,’’ jelasnya.

Selain di Jalan Bogen I, penyemprot­an dilakukan di daerah Jalan Kalikepiti­ng Jaya kemarin. Sebab, salah seorang warga terindikas­i positif Covid-19. Sterilisas­i mengerahka­n petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) lengkap.

Ridwan menjelaska­n, warga di Jalan Kalikepiti­ng Jaya tersebut telah menjalani rapid test secara mandiri. Hasilnya dinyatakan reaktif. Dia melapor kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur. ’’Kemudian, diteruskan ke Command Center 112. Lantas, tadi pagi (kemarin, Red) dijemput dan dilakukan penanganan,’’ paparnya.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? CEGAH MELUAS: Petugas Puskesmas Rangkah melakukan rapid test kepada anak yang tinggal di kawasan Jalan Bogen I kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS CEGAH MELUAS: Petugas Puskesmas Rangkah melakukan rapid test kepada anak yang tinggal di kawasan Jalan Bogen I kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia