Jawa Pos

Traffic Terminal Teluk Lamong Stabil

Naik Dibanding Tahun Lalu, Agak Berkurang Menjelang Lebaran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengoperas­ian Terminal Teluk Lamong tak banyak mengalami perubahan sejak pandemi Covid-19 terjadi. Proses pelayanan yang dilakukan juga tetap berjalan seperti biasa. ”Karena kami elektronik sejak awal, jadi memang tak perlu tatap muka untuk beli tiket dan lainnya,” ucap Manager Corporate Communicat­ion PT Teluk Lamong Reka Yusmara.

Semua akses informasi bisa diperoleh pelanggan melalui website. Mereka juga bisa melihat aktivitas lalu lintas, pembuatan akun, dan administra­si melalui laman resmi. Hingga pencarian kontainer juga bisa diakses.

Traffic yang tercatat sebenarnya juga tak banyak berbeda. Misalnya, statistik layanan vessel. Pada Januari tercatat ada 71 unit, sedikit turun pada Februari menjadi 63 unit. Namun, kembali naik pada Maret di angka 67 unit. Dan, naik lagi ke angka 72 unit saat April.

”Jadi, sebenarnya tidak terlalu berpengaru­h jika dikaitkan dengan pandemi ya,” sambung Reka. Hingga pertengaha­n Mei ini, sudah tercatat 37 unit yang menggunaka­n layanan di Terminal Teluk Lamong.

Jika dibandingk­an dengan periode yang sama di tahun lalu, angka-angka tersebut menunjukka­n kenaikan. Pada 2019, bisanya berada di angka 50-60. ”Jadi, trennya masih naik kalau kami bandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu,” ucap Reka.

Sementara itu, grafik layanan vessel di lalu lintas internasio­nal cukup stabil tahun ini. Angkanya cenderung stabil di atas 20 unit sejak Januari hingga April. Sampai pertengaha­n Mei ini, sudah tercatat ada 11 unit. Grafis stabil tersebut tak banyak berbeda dengan periode yang sama di tahun lalu.

Reka mengatakan, penurunan justru ditengarai karena sudah memasuki periode jelang Lebaran. ”Dalam keadaan normal tanpa pandemi, penurunan terjadi di semua pelabuhan dan terminal,” jawabnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? TAK TERPENGARU­H: Lalu lintas pengiriman barang di Terminal Teluk Lamong kemarin (16/5).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS TAK TERPENGARU­H: Lalu lintas pengiriman barang di Terminal Teluk Lamong kemarin (16/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia