Jawa Pos

Launching Otobiograf­i Siswa Kelas IX

-

SURABAYA, Jawa Pos − Budaya literasi atau gemar membaca dan menulis bisa ditanamkan serta ditumbuhka­n dari lingkungan sekolah. Lewat berbagai sarana maupun kegiatan yang banyak melibatkan keaktifan siswa. Salah satunya yang dilakukan SMPN 4 yang menggagas penulisan buku otobiograf­i siswa.

Saat ini program tersebut sudah masuk tahap cetak untuk segera diluncurka­n. ’’Semoga saat peringatan Hari Kebangkita­n Nasional pertengaha­n bulan ini nanti bisa di-launching. Ada 25 karya tulis siswa,’’ ujar Kepala SMPN 4 Surabaya Kelik Sachroen kemarin (16/5).

Dia menuturkan, pada Desember lalu seluruh siswa diminta membuat otobiograf­i atau kisah mengenai dirinya sendiri yang bisa menginspir­asi orang lain. ’’Terutama pengalaman mereka selama belajar di SMPN 4. Dari situ kemudian dipilih 25 karya terbaik yang dibukukan dalam antologi berjudul Autobiogra­fi Siswa Spenfora Kisah di Balik Sang Juara. Kami memang menyebut siswa dengan sebutan Sang Juara,’’ paparnya.

Kelik mengungkap­kan, proses cetak baru selesai. Pihak sekolah mencetak 40 eksemplar dari target 1.000 eksemplar. Rencananya dicetak bertahap dan didistribu­sikan sementara untuk kalangan internal sekolah. ’’Kami coba launching online pada Hari Kebangkita­n Nasional karena itu juga merupakan sesuatu yang baru,’’ tambahnya.

Sementara itu, isi cerita di dalam buku tersebut pun memang mengisahka­n pengalaman belajar di sekolah. Terutama siswa kelas IX yang sudah banyak merekam pengalaman selama tiga tahun. Sebut saja pengalaman Marcelino Ferdinand, siswa kelas IX yang dikenal sebagai Wonderkid Persebaya. Dalam otobiograf­inya, Marcelino menceritak­an tantangan yang dihadapi dalam membagi waktu antara sekolah dan latihan sepak bola rutin. Terlebih, dia juga masuk timnas U-16.

Ada juga siswa yang menceritak­an pengalaman belajar dengan keberagama­n suku, agama, dan ras di dalam kelas. Hingga curhatan siswa yang dibesarkan dalam keluarga broken home. Buku itu pun nanti diharapkan bisa menjadi karya yang terus memacu dan mendorong semangat siswa dalam berliteras­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia