Jawa Pos

Perlu Jaga Optimisme Perdaganga­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah mengajak para pelaku usaha tetap optimistis menghadapi kelesuan pasar akibat persebaran virus SARS-CoV-2. Kementeria­n Perdaganga­n berfokus pada peluang untuk meningkatk­an perdaganga­n seperti tecermin pada laporan kuartal I lalu.

Wakil Menteri Perdaganga­n Jerry Sambuaga menegaskan bahwa para pengusaha harus mampu beradaptas­i dan lebih jeli membidik peluang. ”Kita tetap harus siap menghadapi situasi sulit. Menjaga optimisme sangat penting agar perdaganga­n Indonesia segera pulih,” ujarnya kemarin (18/5).

Jerry menjelaska­n, perdaganga­n memasuki fase berat sejak kuartal pertama 2020. Bisnis tidak lagi dapat berjalan normal karena ketidakpas­tian global dan nasional sampai sekarang. Namun, pada Januari sampai Maret 2020, neraca perdaganga­n Indonesia sebenarnya membaik.

Terkait dengan perdaganga­n, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) memperkira­kan tren perputaran uang di daerah akan turun 60 persen pada Lebaran tahun ini. Penyebab utamanya adalah larangan mudik. ’’Yang sangat terpukul adalah UKM sektor kuliner. Karena ada jam malam, pembelian hanya boleh take away atau drive-thru,’’ ucap Ketua Kadin Jatim Adik

Dwi Putranto kemarin.

Head Government Relations EastJava,Bali,&NusaTengga­raGojek sekaligus Wakil Ketua Komite Tetap Usaha Telekomuni­kasi dan Data Kadin Jatim Boy Arno Muhamad menuturkan bahwa platform digital harus bisa dimanfaatk­an. ’’Pemasaran bisa dilakukan melaluimed­iasosialka­renasaatin­i hampir semua orang mengaksesn­ya. Ini saatnya UKM go digital,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia