Jawa Pos

Lepas Kangen dengan Painting Brush Challenge

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kerinduan untuk bertemu rekan sehobi di masa pandemi dirasakan oleh banyak orang. Tak terkecuali para seniman lukis yang rutin berkumpul saat pameran. Itu dirasakan 30 perempuan pelukis yang seharusnya mengadakan pameran April lalu. Terinspira­si brush

challenge yang viral di media sosial, mereka membuat aksi serupa yang dimodifika­si. ”Kuas make-up kami ganti dengan kuas lukis,” ujar Ida Fitria, koordinato­r aksi itu.

Para anggota antusias membuat video aksi bergilir melempar kuas dan menunjukka­n aktivitas masingmasi­ng. Kuas lukis digenggam dan dihadapkan pada kamera.

Lalu, kuas tersebut digunakan pada kanvas masing-masing. Seperti sedang melukis sambil menunjukka­n karya. Tahap terakhir adalah melempar kuas ke satu arah yang kemudian ”ditangkap” oleh yang lain. Hal itu dilakukan terus sampai perempuan pelukis ke-30.

Pembuatan video berdurasi 5 menit 35 detik itu diselesaik­an dalam waktu dua minggu. Mulai pengumpula­n video masing-masing hingga editing, prosesnya cukup menantang. Misalnya, pengumpula­n yang tertunda karena berbagai kesibukan dan gagap teknologi.

”Banyak yang sudah sepuh, jadi harus dipandu,” ujar Fitria, lantas tertawa. Namun, hambatan tersebut diselesaik­an. Video itu telah diunggah ke media sosial Rabu (13/5). Antara lain, Instagram,

WhatsApp, dan YouTube.

Para perempuan pelukis tersebut sedianya akan mengadakan pameran bersama bertema Kartini yang dijadwalka­n pada awal April di Surabaya. Namun, kebijakan pemerintah yang terkait dengan pandemi membuat acara tersebut dibatalkan. Para seniman itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mayoritas berdomisil­i di Surabaya dan Sidoarjo.

Selain painting brush challenge, mereka juga mengunggah aktivitas melukis masing-masing. ”Lumayan bisa melepas kangen,” ucap Fitria. Lewat aksi itu, dia berharap banyak orang terinspira­si untuk tetap berkarya.

 ?? ALIET RAHAYU FOR JAWA POS ??
ALIET RAHAYU FOR JAWA POS
 ?? IDA FITRIA FOR JAWA POS ?? KUASNYA BEDA: Cuplikan video saat Aliet Rahayu (foto kiri) dan Ida Fitria memegang kuas lukis sambil menunjukka­n karya. Video pass the brush challenge yang viral di media sosial dimodifika­si sesuai profesi mereka sebagai seniman lukis.
IDA FITRIA FOR JAWA POS KUASNYA BEDA: Cuplikan video saat Aliet Rahayu (foto kiri) dan Ida Fitria memegang kuas lukis sambil menunjukka­n karya. Video pass the brush challenge yang viral di media sosial dimodifika­si sesuai profesi mereka sebagai seniman lukis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia