Jawa Pos

Pantau Bansos dari Bakal Calon Kepala Daerah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) memang ditunda. Namun, aktivitas pemantauan selama pandemi Covid-19 terus dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sasarannya adalah bantuan untuk warga terdampak pandemi dari bakal calon bupati/wali kota yang sedang running pilkada.

Hal itu menjadi topik pembahasan utama dalam rapat koordinasi antara Bawaslu Jatim dan 19 ketua Bawaslu kabupaten/ kota yang sedang menyelengg­arakan pilkada kemarin (19/5). Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaefi mengatakan, tim panitia pengawas (panwas) memang dalam status nonaktif. Namun, mereka tetap melaporkan hasil investigas­i di lapangan selama pandemi Covid-19 ini. ”Karena kita tahu sendiri, banyak sekali bantuan mengalir dari caloncalon yang sedang running pilkada,” ujarnya.

Pejabat yang memimpin divisi pengawasan itu belum mau menyimpulk­an bahwa bantuan dari calon bupati/wali kota untuk warga terdampak termasuk pelanggara­n. Ada proses yang perlu dilalui untuk mengambil kesimpulan. ”Untuk sementara, kami inventaris­asi dulu,” ucapnya.

Menurut Aang, ada beberapa kategori yang bisa masuk potensi pelanggara­n dalam pemberian bantuan untuk warga terdampak pandemi. Salah satunya adalah bantuan yang diduga bersumber dari APBN/APBD, tetapi diberikan atas nama perorangan.

Aang menyebutka­n, kasus semacam itu terjadi di beberapa daerah. Misalnya di Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sumenep. Di wilayah itu politisasi bantuan terhadap warga terdampak dilakukan orangorang yang sedang dalam upaya mencalonka­n diri sebagai kepala daerah.

Namun, Aang kembali menegaskan bahwa nama-nama tersebut baru diinventar­isasi. Sebab, hingga kini belum ada kejelasan terkait kelanjutan tahapan Pilkada Serentak 2020. Jika tahapan pilkada dimulai lagi, nama-nama yang masuk daftar investigas­i akan diproses lebih lanjut.

Untuk pejabat aktif di level kepala daerah atau wakil kepala daerah, penanganan ada di Bawaslu. ”Kalau ASN (aparatur sipil negara), nanti tetap diproses sesuai ketentuan dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” ujar mantan aktivis PMII itu.

 ?? BAWASLU JATIM FOR JAWA POS ?? KOORDINASI: Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaefi menggelar rapat virtual bersama ketua Bawaslu kabupaten/kota yang menyelengg­arakan pilkada di Jatim kemarin.
BAWASLU JATIM FOR JAWA POS KOORDINASI: Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaefi menggelar rapat virtual bersama ketua Bawaslu kabupaten/kota yang menyelengg­arakan pilkada di Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia