Jawa Pos

Bantah Tuduhan Bulk Buying

Ketika Stuck with U Jadi Nomor 1 di Billboard Hot 100

- LOS ANGELES,

Jawa Pos – Sejak dirilis, Stuck with U mendapat sambutan meriah dari fans. Dalam data yang diungkap Billboard pada Senin (18/5) waktu setempat, duet ’’maut” Ariana Grande dan Justin Bieber itu menduduki posisi pertama pada pekan perdana perilisan. Lagu yang menjadi bagian dari proyek amal tersebut memuncaki Billboard Hot 100 dan chart penjualan digital. Namun, kemenangan itu sempat tercoreng oleh tuduhan rapper Tekashi 6ix9ine. Menurut dia, raihan Stuck with U adalah hasil kecurangan. Musisi yang baru bebas dari penjara tersebut menyampaik­an protesnya lewat deretan Instagram Story. Pada Senin, dia juga mengungkap rekap hasil penjualan yang dikirim pada perwakilan label. 6ix9ine menuding ada bulk buying alias pembelian borongan agar peringkat lagu Bieber dan Grande itu melesat di chart.

’’Ada pihak anonim suruhan Ariana yang memborong 30 ribu unit atau lebih dengan enam kartu kredit berbeda. Semua ini adalah manipulasi, bikinan,’’ papar pemilik nama Daniel Hernandez itu. Di Hot 100, 6ix9ine berada di posisi ketiga dengan single Gooba. ’’Aku cuma ingin menunjukka­n bahwa Billboard dipenuhi kebohongan. Kalian bisa beli peringkat satu,” imbuhnya.

Billboard pun bergerak cepat. Mereka memaparkan data final penghitung­an Hot 100 di area Amerika Serikat. Gooba hanya unggul di jumlah streaming. Namun, penjualann­ya hanya 24 ribu kopi, kontras dengan Stuck with U yang berhasil terjual hingga 108 kopi. Padahal, peringkat Hot 100 ditentukan oleh hasil penjualan.

Meski mendapat kritik pedas, Bieber dan Grande menanggapi­nya dengan kepala dingin. Bieber menegaskan, bulk buying tidak mungkin dia lakukan karena menyalahi aturan penghitung­an Billboard. Bieber juga mengkritik 6ix9ine yang menyinggun­g nama Grande. ’’Kalau kamu menyebut namanya, sebut namaku juga karena itu adalah lagu kami,” ujar suami Hailey Bieber tersebut.

Di sisi lain, Grande tidak ambil pusing. Pelantun Thank u, Next itu menyatakan, angka penjualan tinggi atau peringkat di chart bukanlah targetnya dalam merilis karya. ’’Aku bersyukur karena bisa menyanyi. Aku bersyukur ketika laguku didengar. Musik adalah segalanya buatku,” tulisnya dalam keterangan foto di Instagram.

Grande menegaskan, keberhasil­an Stuck with U tidak terlepas dari dukungan fans. ’’Fansku membeli lagu itu, begitu pula fans Justin. Terima kasih karena telah berdonasi dan menyumbang amal,” lanjutnya.

Grande juga berpesan kepada seluruh musisi agar tak berkecil hati atas peringkat di chart. Apalagi sampai menjatuhka­n musisi lain. ”Cobalah menerima diri kalian apa adanya. Bersyukurl­ah karena kalian bisa berada di posisi ini, memiliki pendengar,” tambahnya.

 ?? AMY SUSSMAN/GETTY IMAGES/AFP JON KOPALOFF/GETTY IMAGES/AFP ?? ARIANA GRANDE
JUSTIN BIEBER
AMY SUSSMAN/GETTY IMAGES/AFP JON KOPALOFF/GETTY IMAGES/AFP ARIANA GRANDE JUSTIN BIEBER
 ?? NME ?? TEKASHI 6IX9INE
NME TEKASHI 6IX9INE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia