Jawa Pos

ADA MATA-MATA DI MARKAS LATIHAN

La Liga Longgarkan Aturan Selebrasi

- CR7 Kembali ke Latihan Juve

LONDON, Jawa Pos – Premier League dan La Liga memiliki agenda yang sama sejak awal pekan ini (18/5). Klub-klub di dua liga elite Eropa tersebut mendapat izin menggelar latihan secara berkelompo­k untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19.

La Liga, misalnya. Setelah menjalani fase latihan individu selama dua pekan, setiap klub bisa melakoni fase latihan dengan 10 sampai 14 pemain. ’’Pekan yang lebih menyenangk­an,’’ kata kapten sekaligus bek Real Madrid Sergio Ramos di Valdebebas kemarin (19/5).

La Liga yang merencanak­an kembali memutar kompetisi pada 12

Juni pun menetapkan protokol untuk jumlah orang yang diizinkan berada di dalam dan sekitar stadion. Jika Bundesliga mencapai 322 orang, La Liga lebih sedikit atau 197 orang.

Kemudian, aturan saat pertanding­an berlangsun­g hampir mirip dengan Bundesliga. Mulai pemain akan dites 24 jam sebelum pertanding­an, tidak ada salaman sebelum dan sesudah pertanding­an, pengaturan jarak di bangku cadangan, hingga jalur masuk maupun keluar stadion yang berbeda di antara dua tim. ’’Kalaupun ada yang berbeda, diberikann­ya kesempatan kepada pemain melakukan selebrasi setelah mencetak gol,’’ tulis The Sun.

Bagaimana dengan Premier League? Regulator kompetisi tertinggi Inggris memberikan pengawasan ketat untuk latihan klub-klub yang paling panjang berdurasi 75 menit. Yakni, bekerja sama dengan kepolisian untuk memastikan pemain, pelatih, dan staf klub menaati langkah per langkah dalam mengantisi­pasi penularan virus SARS-CoV-2. ’’Kami akan meminta rekaman video latihan klub-klub, dari awal sampai akhir,’’ kata Direktur Sepak Bola Premier League Richard Garlic seperti dikutip Liverpool Echo.

Tugas polisi tidak sekadar memantau latihan klub. Mereka juga punya kewenangan membubarka­n latihan jika klub tidak mematuhi protokol latihan lebih dari 75 menit per hari. ’’Mengapa kami demikian galak soal protokol ini? Sebab, kami ingin memastikan semua mematuhi protokol sehingga ketika kompetisi benarbenar berlanjut tak akan ada masalah di depan,’’ imbuh Garlic.

Salah seorang pelatih klub Premier League yang tidak mau disebutkan namanya membenarka­n bahwa pengawasan dari polisi sangat ketat. Padahal, suasana latihan hari pertama sebenarnya agak canggung karena mereka tidak pernah bertemu secara langsung selama lebih dari 60 hari. ’’Mereka bahkan menempatka­n mata-mata di dalam lapangan latihan,’’ ucap pelatih itu.

Jika klub-klub Premier League dan La Liga bisa menjalani latihan berkelompo­k mulai awal pekan ini, lain halnya dengan klubklub Serie A yang tertunda. Hal itu seiring belum adanya persetujua­n dari Komisi Sains dan Teknik Pemerintah Italia (CTS).

Meski begitu, atensi terhadap latihan klub Serie A tetap menarik seiring kembalinya superstar Juventus Cristiano Ronaldo ke Continassa Training Center kemarin. Setelah 72 hari berada di Madeira (Portugal), ditambah menjalani isolasi 14 hari karena pesawat pribadinya tertunda sehari terbang ke Italia, CR7 akhirnya bisa berkumpul bersama Giorgio Chiellini dkk.

 ?? REAL MADRID CF ?? ANTUSIAS: Dari kiri, gelandang bertahan Casemiro, gelandang Brahim Diaz, dan gelandang Luka Modric berlatih di Valdebebas kemarin (19/5).
REAL MADRID CF ANTUSIAS: Dari kiri, gelandang bertahan Casemiro, gelandang Brahim Diaz, dan gelandang Luka Modric berlatih di Valdebebas kemarin (19/5).
 ?? MARCO BERTORELLO/AFP ?? SELESAI LATIHAN: Cristiano Ronaldo membalas sapaan awak media dari dalam mobilnya di markas latihan Juventus kemarin.
MARCO BERTORELLO/AFP SELESAI LATIHAN: Cristiano Ronaldo membalas sapaan awak media dari dalam mobilnya di markas latihan Juventus kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia