Jawa Pos

Aji Perbolehka­n Pemain Berlatih di Lapangan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Surabaya masuk zona merah Covid-19. Aturan pshycal distancing juga sudah diterapkan. Tapi, beberapa lapangan sepak bola di Surabaya masih tetap bisa digunakan.

Nah, kondisi itu dimanfaatk­an pemain Green Force, julukan Persebaya. Mereka sering berlatih di lapangan bersama warga setempat. Bek muda Rizky Ridho bahkan rutin melakukan latihan di lapangan Simo Rukun, Surabaya. Dia berlatih setiap Sabtu dan Minggu sore.

Selain itu, ada beberapa pemain yang tinggal di Sidoarjo yang melakukan hal serupa. Mereka berlatih di lapangan sepak bola. Sebut saja kiper Angga

Saputra. Dia sering berlatih di lapangan sepak bola di dekat rumahnya di Tanggulang­in, Sidoarjo. Lalu, ada Rendi Irwan yang masih kerap berlatih di Lapangan Klagen, Sukodono, Sidoarjo.

Terbaru, ada Oktafianus Fernando. Winger 26 tahun itu berlatih di lapangan Gedangan, Sidoarjo, kemarin sore. Pelatih Persebaya Aji Santoso tahu bahwa banyak anak asuhnya yang berlatih di lapangan. Aji pun tak bisa melarang pemainnya untuk berlatih di lapangan. ”Yang penting kalau latihan harus tetap hati-hati,” katanya saat dihubungi Jawa Pos.

Aji meminta pemainnya menaati aturan pemerintah. Misalnya, rajin cuci tangan dan menghindar­i berjabat tangan. ”Latihan boleh, asal taat aturan. Kalau terkena (Covid-19, Red), dampaknya malah bisa sangat luas,” tegas pelatih 50 tahun tersebut. Karena itu, Aji mengingatk­an anak asuhnya untuk tetap waspada. Sebab, Surabaya maupun Sidoarjo masih dalam zona merah Covid-19.

Aji juga paham kalau keinginan pemainnya berlatih di lapangan tidak bisa dibendung. Maklum, skuad Green Force terakhir berlatih di lapangan adalah 21 Maret silam. Artinya, nyaris dua bulan pemain Persebaya tidak berlatih di lapangan. Selama itu, mereka hanya melakukan latihan individu di rumah.

Kemudian, melakoni latihan online melalui aplikasi Zoom.

”Makanya, latihan di lapangan nggak masalah.Asaltidakb­anyakorang(penonton, Red) berkumpul di situ,” lanjut Aji.

Rizky Ridho mengikuti saran sang pelatih. Meski berlatih di lapangan, ada aturan yang dia patuhi. Lagi pula, Ridho mengaku butuh berlatih di lapangan. ”Soalnya, kondisi fisik mulai menurun. Selama ini kan latihan di rumah saja,” kata pemain 18 tahun tersebut.

RendiIrwan­pundemikia­n.Diamenjela­skan,latihandil­apangantet­apdiperluk­an. ”Untuk menjaga sentuhan dengan bola agartetapb­agus,”katanya.(gus/c25/bas)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KANGEN LAPANGAN: Oktafianus Fernando (tengah) saat berlatih di lapangan Gedangan, Sidoarjo, kemarin sore.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KANGEN LAPANGAN: Oktafianus Fernando (tengah) saat berlatih di lapangan Gedangan, Sidoarjo, kemarin sore.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia