Jawa Pos

Lengkapi Pos Perbatasan dengan Bilik Car Wash

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebanyak 17 pos perbatasan akan dilengkapi dengan bilik disinfekta­n berukuran jumbo. Bilik tersebut ditujukan untuk penyemprot­an kendaraan yang melintas. Pembuatan bilik besar itu dikerjakan satuan tugas Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya.

Hingga kemarin (19/5), sudah terpasang alat penyemprot­an tersebut di sembilan lokasi. Di antaranya, di jalan dekat Mal City of Tomorrow (Cito), dekat pintu keluar tol Dupak, di jalan middle east ring road, dekat Masjid Nasional Al Akbar, exit toll Margomulyo, dekat tol Gunungsari, dan exit toll Satelit yang tak jauh dari Jalan Mayjen Sungkono.

Kepala Seksi Pemelihara­an Gedung DPRKP CKTR Surabaya Anggoro Himawan menjelaska­n, satu bilik besar itu dikerjakan dalam waktu sehari. Ditargetka­n hingga dua pekan ke depan, di seluruh lokasi itu sudah terpasang bilik tersebut. ”Konsepnya lebih seperti car wash,” ungkap dia.

Air yang mengandung cairan disinfekta­n tidak hanya disemprotk­an dari bagian atas. Tapi, juga dari samping kiri dan kanan. Total ada 45 sprayer yang terus-menerus menyemprot­kan cairan disinfekta­n. Bila ada mobil yang lewat, hampir semua bagian mobil akan terkena. Kecuali tentu bagian bawah mobil. ”Seperti bilik buat orang, cuma besar,” imbuh dia.

Di jalan-jalan dalam kota juga tersebar alat-alat penyemprot­an. Misalnya, di depan Fakultas Kedokteran Unair dan depan kantor RRI. Ada pula di bawah viaduk Kertajaya. Penyemprot­an tersebut ditempatka­n di atas tempat penyeberan­gan orang dan bawah viaduk. Bila ada orang atau kendaraan yang lewat, mereka akan terkena cairan disinfekta­n tersebut.

Bilik disinfekta­n menjadi salah satu cara Pemkot Surabaya untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19. Pemkot berkeyakin­an virus di luar tubuh itu harus disemprot dengan cairan disinfekta­n agar lekas mati sehingga tak bisa menularkan ke orang lain.

Penyemprot­an cairan disinfekta­n juga dilakukan di perkampung­an dengan mobil pemadam kebakaran. Terutama di daerah yang terdapat pasien terkonfirm­asi positif Covid-19.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PENGAMANAN EKSTRA: Sebuah mobil disemprot manual di Jambangan dekat Masjid Al Akbar. Pemkot akan menggantin­ya dengan sprayer.
FRIZAL/JAWA POS PENGAMANAN EKSTRA: Sebuah mobil disemprot manual di Jambangan dekat Masjid Al Akbar. Pemkot akan menggantin­ya dengan sprayer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia