Jawa Pos

Perbaiki Akses Lontar sembari Tunggu Izin

Rekondisi Jalan Bringin–Sawo Hampir Tuntas

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Total pengerjaan tinggal 700 meter lagi,” ujar Project Director SPAM Umbulan PT Meta Adhya Tirta Umbulan Yan Kuryana Wiriadipur­a saat ditanya tentang perkembang­an proyek pemasangan pipa SPAM di kawasan barat Senin (18/5). Dari total sisa pengerjaan itu, ada satu area yang belum tergarap banyak. Yaitu, Lontar– Radial Road–CitraLand.

Jika dihitung, panjang pipa yang akan dipasang di area tersebut tersisa 500 meter. Belum ada kemajuan. Para pekerja tidak bisa melanjutka­n penanaman pipa berskala besar. Dari pertigaan Jalan Raya Citraraya Unesa menuju Kelurahan Lontar, Sambikerep, mereka terhenti di kawasan Pakuwon.

Yan menyatakan belum berani mengerjaka­n karena belum mendapat izin dari pemilik kawasan. Pihaknya telah berupaya menegosias­i berkali-kali dan siap memenuhi segala kompensasi, syarat, dan ketentuan yang diajukan. Namun, surat pembolehan kerja tak kunjung turun. ”Bukan satu–dua bulan. Sudah hampir setahun, kami terus menunggu,” tuturnya.

Kendala lain adalah pihaknya harus memperbaik­i akses Jalan Lontar sebelum dilakukan pemasangan pipa. Sesuai dengan permintaan warga sekitar, perbaikan itu segera dilakukan. Tujuannya,

kendaraan berat yang akan melintas tidak menambah beban kerusakan jalan. Sebab, kondisi tanah di sana memang tidak begitu stabil. Tampak retak dan bergelomba­ng.

Lantas, apa masih terus menunggu? Yan menyampaik­an, dua–tiga hari lalu pemasangan pipa di area Lontar Radial Road CitraLand mulai berjalan. ”Digarap dari arah CitraLand, kami sudah dapat izin. Dicicil dari sini,” terangnya.

Sisa 500 meter tak sepenuhnya berada di kawasan Pakuwon. Panjang jalur yang akan dilalui pemasangan pipa di kawasan tersebut hanya 240 meter. Sisanya berada di tanah milik pemerintah, bekas tanah kas desa (BTKD), dan area CitraLand. ”Pengerjaan di area lain sudah mulai tuntas. Semoga izin cepat turun sehingga bisa segera dikerjakan maksimal,” jelasnya.

Selain pemasangan pipa SPAM, PT Meta Adhya Tirta Umbulan berfokus merekondis­i jalan. Sebagaiman­a halnya di Jalan Raya Bringin hingga Sawo. Pada April lalu, pipa sudah ditanam di sepanjang jalan tersebut. Kini area bekas galian pipa telah diaspal kembali. Para pengendara motor tidak perlu khawatir akan debu yang beterbanga­n.

Saat dikunjungi kemarin, pengaspala­n sudah mencapai Jalan Raya Sawo. Tak lama lagi, proses tersebut tuntas hingga pertigaan Jalan Raya Ngemplak. ”Memang sudah diaspal. Di titik lain seperti CitraLand juga. Jalan yang sudah ditanami pipa, kembali beraspal,” katanya. ”Tapi, CitraLand belum sepenuhnya selesai. Tinggal 100 meteran,” tambahnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SEPANJANG 500 METER: Pemasangan pipa yang terhenti lama karena terkendala izin mulai dikerjakan dari arah sebaliknya, sisi timur bundaran Patung Burung CitraLand.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SEPANJANG 500 METER: Pemasangan pipa yang terhenti lama karena terkendala izin mulai dikerjakan dari arah sebaliknya, sisi timur bundaran Patung Burung CitraLand.
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? KEMBALI BERASPAL: Jalan Raya Sawo yang sebelumnya digali untuk pemasangan pipa SPAM Umbulan.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS KEMBALI BERASPAL: Jalan Raya Sawo yang sebelumnya digali untuk pemasangan pipa SPAM Umbulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia