Jawa Pos

Nasdem Jatim Beri Atensi Perkara Nur Hudi

-

GRESIK, Jawa Pos ‒ Dugaan pelanggara­n kode etik oleh NH alias Nur Hudi dalam kasus pencabulan anak di bawah umur juga mendapat atensi serius dari DPW Partai Nasdem Jatim. Meski Nur Hudi adalah kader, DPW tidak serta-merta melakukan pembelaan. Bahkan, mereka menghormat­i keluarga korban yang telah melaporkan NH ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Gresik.

’’Sejak isu itu mencuat, kami pun memerintah DPD Nasdem Gresik untuk melakukan investigas­i,’’ kata Vinsensius Awey, wakil ketua DPW Nasdem Jatim, setelah mengadakan pertemuan dengan DPD Nasdem Gresik.

Dia menjelaska­n, invetigasi itu perlu dilakukan dalam rangka mencari tahu fakta yang sebenarnya atas duduk perkara kasus tersebut. ’’Karena juga menjadi atensi dari DPP Nasdem. Yang jelas, kami tidak menolerans­i tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua BK DPRD Gresik Faqih Usman menyatakan bahwa berkas laporan dengan terlapor NH sedang diverifika­si sekretaria­t dewan. Mereka akan lebih dulu memeriksa kelengkapa­n berkas yang sudah disampaika­n pelapor. ’’Sesuai kode etik, ada syarat administra­si yang harus dipenuhi. Kalau belum lengkap, cukup melengkapi kekurangan­nya, tidak sulit,’’ jelasnya.

Setelah itu, lanjut dia, akan dilakukan penjadwala­n. Nanti pemeriksaa­n terhadap NH mirip siding pada umumnya. Pelapor lebih dulu diberi kesempatan untuk menjelaska­n aduannya. ’’Setelah itu, pihak terlapor memberikan klarifikas­i. Kemudian, masing-masing pihak baru dipertemuk­an dalam satu forum sidang,’’ jelas politikus PAN itu.

Dia menegaskan, tiap pihak nanti berhak menghadirk­an para ahli. Baik pelapor maupun terlapor, termasuk pihak BK sendiri. Tujuannya, menjawab unsur dugaan keterlibat­an NH.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? TINDAK LANJUTI: Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim (kiri) menerima laporan dugaan pelanggara­n etik oleh salah seorang anggota dewan pada Senin (18/5).
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS TINDAK LANJUTI: Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim (kiri) menerima laporan dugaan pelanggara­n etik oleh salah seorang anggota dewan pada Senin (18/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia