Jawa Pos

Terjaring Operasi, Penjual Jajanan Diketahui Reaktif saat Rapid Test

-

GRESIK, Jawa Pos − Penertiban selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua terus digencarka­n. Sejauh ini, aparat masih menemui sejumlah pelanggara­n. Pada patroli Senin malam (18/5), aparat gabungan TNI, Polri, satpol PP, dan dinas kesehatan kembali menyasar sejumlah warung yang masih buka melebih pukul 21.00

Di Pasar Senggol misalnya, petugas menjaring 15 orang dan langsung melakukan rapid test. Hasilnya? ”Satu orang reaktif. Dia adalah seorang penjual makanan ringan,” kata Kepala Satpol PP Pemkab Gresik Abu Hasan.

Awalnya, penjual jajanan tersebut menolak untuk dilakukan rapid test. Tapi, karena petugas sudah melakukan antisipasi, akhirnya tim medis dari dinkes berhasil mengambil sampel darah lelaki ber-KTP Surabaya itu. Ternyata, hasilnya menunjukka­n reaktif. ’’Dia memang ber-KTP Surabaya. Namun, tinggal di Gresik bersama keluargany­a,’’ jelas Hasan.

Setelah rapid test dinyatakan reaktif, yang bersangkut­an langsung dibawa ke RSUD Ibnu Sina. Selanjutny­a, dia akan menjalani tes swab. ”Begitu reaktif, langsung kami semprot tokonya dengan cairan disinfekta­n,” imbuh mantan kepala BPBD Pemkab Gresik itu.

Sementara itu, kasus konfirmasi positif di Gresik hingga kemarin masih tetap terdata 59 orang. Sehari sebelumnya, ada penambahan 8 positif. Saat ini pasien terkonfirm­asi positif yang masih dalam perawatan berjumlah 40 orang. ”Sembuh 12 orang dan meninggal 7 orang. Semoga yang sembuh bertambah terus,” kata Kepala Dinkes Pemkab Gresik drg Syaifuddin Ghozali.

Begitu reaktif, langsung kami semprot tokonya dengan cairan disinfekta­n.”

ABU HASAN

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? AYO DISIPLIN: Petugas gabungan intensif melakukan patroli selama penerapan PSBB tahap kedua. Salah satu sasarannya adalah kerumunan dan warung-warung yang buka di atas pukul 21.00.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS AYO DISIPLIN: Petugas gabungan intensif melakukan patroli selama penerapan PSBB tahap kedua. Salah satu sasarannya adalah kerumunan dan warung-warung yang buka di atas pukul 21.00.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia