Jawa Pos

Metamorfos­is Pendidikan saat Pandemi Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Pandemi Covid-19 mengubah segala bentuk perilaku individu. Bidang pendidikan pun mengalami metamorfos­is. Hal itu justru sangat mendukung era Revolusi Industri 4.0 dalam perkembang­an suatu negara.

Rektor Universita­s Dinamika (Undika) Prof Budi Jatmiko mengatakan, sebelum ada pandemi, Indonesia telah mengenal dan mempelajar­i tiga hal. Yaitu, teknologi literasi, data literasi, dan human literasi. Sebelum adanya pandemi Covid-19, pelaksanaa­n teknologi literasi belum begitu optimal di dunia pendidikan. ’’Sekarang masyarakat mau tidak mau dipaksa siap untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0,’’ ujarnya.

Budi menuturkan, terjadi metamorfos­is. Pola kegiatan belajar-mengajar melalui daring pun menjadi biasa dilakukan pelajar maupun mahasiswa. Revolusi Industri 4.0 benar-benar terimpleme­ntasi dalam kegiatan sehari-hari. ’’Setelah pandemi Covid-19, sistem pendidikan Indonesia akan semakin maju,’’ katanya.

Budi mengatakan bahwa pendidikan akan menggunaka­n sistem blanded (campuran). Yakni, offline (tatap muka di kelas) dan online (melalui teknologi). Dengan begitu, terjadi percepatan, efisiensi, dan efektivita­s dalam belajar-mengajar. ’’Ini tidak hanya belajar teori dan ilmu pendidikan, tetapi juga menjalani hidup dengan cerdas,’’ ucapnya.

Dia berharap masyarakat dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan ikhlas dalam situasi pandemi Covid-19. Dengan begitu, mereka mengambil hikmah di balik bencana non-alam tersebut. Teknologi dapat dimanfaatk­an dalam mencari ilmu dan menjaga komunikasi agar tetap lancar. ’’Undika juga telah melakukan penyesuaia­n. Kami telah memiliki aplikasi Blirian yang menunjang Revolusi Industri 4.0,’’ ungkapnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? Prof Budi Jatmiko
ROBERTUS RISKY/JAWA POS Prof Budi Jatmiko

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia