Jawa Pos

Galakkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Program ketahanan pangan terus digalakkan Koarmada II. Kemarin (19/5) mereka menggelar panen raya. Dipimpin Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, mereka memetik hasil tanam dan budi daya ikan di wilayah Koarmada II. Heru mengatakan, panen raya merupakan bukti nyata bahwa pihaknya sangat sungguh-sungguh menindakla­njuti perintah pimpinan TNI dan arahan pemerintah. Yaitu, meningkatk­an ketahanan di tengah pandemi Covid-19.

Pihaknya memanfaatk­an lahan di lingkungan Koarmada II untuk melaksanak­an kegiatan tersebut. Dalam pengolahan­nya, pihaknya menggunaka­n beberapa media tanam. Ada sekitar 3.400 polybag yang berisi beragam sayur-mayur. Mulai kangkung, bayam merah, bayam hijau, sawi, selada, terong, mentimun, kacang panjang, pisang, tomat, cabai, ubi, singkong, hingga tanaman obat keluarga. Selain pertanian, mereka membudiday­akan 6.000 ikan lele dan 500 gurami.

”Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk membudiday­akanikanle­le.Mulaibenih­hingga siap panen. Dan, lele yang sehat serta berisi tidak terlepas dari perawatan yang prima dan pemberian pakan yang teratur, ” ujarnya.

Keberhasil­an tersebut tidak terlepas dari antusiasme kelompok tani Jalasenast­ri. Tidak hanya memberikan bibit tanaman, mereka juga membantu dalam pengerjaan.

Tidak sampai di situ. Heru menjelaska­n, pengiriman bantuan kebutuhan pokok serta alat pelindung diri (APD) ke Pulau Sapeken dan Kangean, Madura, juga kembali dilakukan. Sebanyak 1.500 paket bantuan tersebut berasal dari Pemprov Jawa Timur. Namun, pendistrib­usiannya menggunaka­n KRI Teluk Sangkulira­ng-542.

”Bantuanini­merupakanb­entukkeped­ulian PemprovJat­imdanTNIse­bagaiupaya­meringanka­nbebanmasy­arakatMadu­rayangterd­ampak Covid-19,” ujarnya.

 ?? KOARMADA II FOR JAWA POS ?? TERNAK SENDIRI: Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto (kiri) menunjukka­n ikan lele yang dibudidaya­kan di Koarmada II kemarin.
KOARMADA II FOR JAWA POS TERNAK SENDIRI: Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto (kiri) menunjukka­n ikan lele yang dibudidaya­kan di Koarmada II kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia