Jawa Pos

Green Toilet MAS Jadi Percontoha­n

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Suasana segar serta harum wangi kopi langsung terasa saat masuk ke toilet Masjid Nasional Al Akbar. Warna hijau dari rumput sintesis membuat mata serasa dimanjakan. Toilet masjid tersebut dirombak dalam rangka kampanye toilet bersih di masjid. Tujuannya, dapat menjadi percontoha­n masjid di Indonesia.

Renovasi toilet dilakukan sejak sebulan terakhir. Saat ini pengerjaan­nya sudah 99 persen. Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M. Noor mengatakan, perombakan toilet mengusung tema green toilet. Orang yang masuk bisa merasa nyaman di dalam. ’’Jadi, masjid juga bisa memiliki toilet yang bagus,’’ katanya.

Pembenahan tersebut mengacu pada toilet hotel bintang lima di Tanah Suci. Hanya, ada sentuhan tambahan. Misalnya, terdapat spot selfie di dalamnya. Pengunjung bisa eksis meski di dalam toilet. Hanya, tempat selfie itu masih dalam pembanguna­n tahap akhir.

Helmy menjelaska­n, di area spot foto itu nanti terdapat ratusan kata motivasi yang bernuansa Islami. Selain memanjakan pengujung, rehab toilet tersebut bertujuan untuk mengampany­ekan kebersihan toilet masjid. Sebab, banyak juga masjid yang kondisi toiletnya kurang layak. ’’Padahal, toilet adalah awal dari jamaah menuju bagian dalam tempat beribadah,’’ ucapnya.

Pembanguna­n green toilet kini masih dilakukan di satu sektor. Tepatnya di bagian sisi utara. Sementara itu, tiga sektor masih menunggu dana dan donatur. Sebab, biaya yang digelontor­kan tidak sedikit. Yakni, mencapai sekitar Rp 600 juta.

Helmy menjelaska­n, satu sektor terdapat 125 keran wudu, 10 urinor, 6 toilet, dan 9 kamar mandi. Nanti air yang digunakan jamaah untuk wudu dan sebagainya itu tidak dibuang begitu saja, tetapi diolah kembali agar bisa dimanfaatk­an untuk menyiram tanaman.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? ADA SPOT SELFIE JUGA: Pekerja membersihk­an salah satu toilet di Masjid Al Akbar yang direhab modern.
DIPTA WAHYU/JAWA POS ADA SPOT SELFIE JUGA: Pekerja membersihk­an salah satu toilet di Masjid Al Akbar yang direhab modern.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia