Jawa Pos

Ajak Anak Muda Lebih Fokus Berkarya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan selama masa pandemi seperti sekarang ini. Misalnya saja, yang dilakukan anak-anak muda dari Racer Group. Bersama Gohippies_ID, mereka mengadakan event online berupa diskusi bersama. Memanfaatk­an aplikasi Zoom, mereka memulai diskusi pertamanya dengan mengangkat tema Konspirasi Menjadi Karya.

Berangkat dari banyaknya teori konspirasi yang dianggap menjadi dasar munculnya Covid-19, diskusi yang melibatkan anakanak muda yang berkarya di berbagai bidang itu pun dimulai. Kali ini yang menjadi pembicara adalah Kevin Pradana yang menekuni bisnis di bidang clean shoes, clothing line, hingga parfum sepatu. Dalam diskusinya, dia menyampaik­an bahwa teori konspirasi yang beredar tidaklah bisa dilawan dengan omongan saja.

’’Pada dasarnya, teori konspirasi itu membuat kita untuk berdebat,’’ jelasnya. Kadang tujuan lahirnya teori-teori tersebut adalah membuat orang-orang terpengaru­h pada sebuah opini yang mungkin dasarnya masih kurang. ’’Jadi, kita nggak boleh menelan mentah-mentah teori-teori yang seperti itu. Apalagi hanya meng-copy paste,’’ tuturnya.

Kevin menuturkan, sebaiknya anak muda fokus berkarya pada hal-hal yang lebih positif daripada memercayai halhal yang belum pasti adanya. ’’Apalagi, kita sebagai anak muda seharusnya nggak boleh asal terpapar hal yang sumbernya belum pasti dan bukti-buktinya seperti apa,’’ ujarnya.

Ke depan, diskusi berbeda dengan topiktopik yang hangat kembali dihadirkan Gohippies_ID secara online selama masa pandemi seperti sekarang. Founder Gohippies Ricardo Valentino Manuputty menyatakan bahwa movement-nya diharapkan bisa menjadi wadah bagi anak-anak muda untuk menjalin koneksi dan berdiskusi tentang berbagai karya. ’’Kita juga akan membahas isu-isu di bidang edukasi, fashion, sosial, musik, bahkan seni,’’ ungkapnya.

 ?? KEVIN PRADANA FOR JAWA POS ?? BAGI PENDAPAT: Kevin Pradana menjadi narasumber diskusi anakanak muda dari Racer Group dan Gohippies_ID kemarin.
KEVIN PRADANA FOR JAWA POS BAGI PENDAPAT: Kevin Pradana menjadi narasumber diskusi anakanak muda dari Racer Group dan Gohippies_ID kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia