Jawa Pos

Manfaatkan Galeri Online untuk Buka Donasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – ’’Ini karya-karya yang saya unggah di website milik saya,’’ tutur fotografer Dewi Tandjung saat ditemui Jawa Pos. Dia menunjukka­n ribuan koleksi fotonya di situs web yang dikelolany­a. Koleksi foto yang diunggah merupakan hasil jepretan sendiri.

Kini fotografer asal Surabaya itu juga membuka donasi melalui koleksi fotonya. Dia menyebutny­a sebagai galeri online. Di sana ada sejumlah koleksi foto dari berbagai kategori. Misalnya, lanskap, travel, human interest, portrait, nature, dan macro. Jumlahnya lebih dari seribu foto. Itulah koleksinya sejak sepuluh tahun lalu. Setelah memotret, dia lanjut mengedit dan mengunggah foto di website yang dikelolany­a sejak 2015. Awalnya, Dewi lebih menyukai genre foto macro. Misalnya, memotret model yang berkarakte­r. Lima tahun terakhir, dia lebih berminat dengan foto etnik. Yaitu, memotret beragam budaya dan festival budaya di berbagai penjuru. Baik di dalam maupun luar negeri. Salah satunya, suku Dayak Iban di Sarawak, Malaysia. Sebab, dia juga pencinta traveling.

’’Bagi saya, mereka harus dilestarik­an melalui gambar agar tak mudah dilupakan,’’ jelas perempuan 43 tahun tersebut. Karya terakhirny­a tentang budaya adalah Parade Tatung saat Cap Go Meh di Singkawang.

Situasi pandemi membuat Dewi berpikir untuk memberikan donasi kepada yang membutuhka­n. Dia lantas membuka donasi melalui karyanya sejak sebulan terakhir. Ibu dua anak itu menawarkan sertifikat keaslian dan foto yang dicetak terbatas. ’’Karena tidak memungkink­an secara on the spot, saya memamerkan­nya di galeri online dan e-book,’’ papar perempuan yang tergabung dalam Perkumpula­n Seni Foto Surabaya (PSS) tersebut.

Saat ini sudah ada lima kolektor yang tertarik. ’’Sebagian pendapatan­nya bakal didonasika­n untuk membantu yang membutuhka­n pada masa pandemi,’’ ujarnya.

Ke depannya, dia juga memamerkan karya bersama fotografer lain secara virtual. Pameran itu sekaligus ditujukan untuk kepentinga­n donasi.

 ?? DEWI TANDJUNG FOR JAWA POS ?? JEPRETAN SENDIRI: Dewi Tandjung di antara foto-foto yang dijepretny­a. Belakangan, foto-foto itu dijual dan sebagian hasil pendapatan­nya didonasika­n.
DEWI TANDJUNG FOR JAWA POS JEPRETAN SENDIRI: Dewi Tandjung di antara foto-foto yang dijepretny­a. Belakangan, foto-foto itu dijual dan sebagian hasil pendapatan­nya didonasika­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia