Jawa Pos

Mobil Gunner dan Pikap PMI Semprot Jalanan dan Kampung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tujuh mobil gunner dan sepuluh pikap diberangka­tkan dari kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya kemarin (31/5). Kendaraan yang membawa cairan disinfekta­n itu disebar ke jalanan dan kampung Surabaya. Mobil-mobil tersebut dikerahkan untuk menekan persebaran Covid-19.

Pemberangk­atan dipimpin langsung oleh Ketua PMI Jawa Timur (Jatim) Imam Utomo. Mantan gubernur Jatim itu menyatakan bahwa mobil gunnermema­ng disiapkan khusus oleh PMI Pusat. Mobil tersebut diboyong ke Jatim untuk antisipasi persebaran Covid-19

Khususnya di wilayah Surabaya Raya. ’’Untuk Surabaya mulai hari ini (kemarin, Red) sampai empat hari ke depan,’’ katanya.

Mobil gunner juga berkelilin­g ke Gresik dan Sidoarjo. Mobil itu akan digilir di tiga wilayah dengan mempertimb­angkan kondisi persebaran Covid-19.

Imam menuturkan, saat ini penurunan jumlah penderita yang positif mengidap virus korona di Jatim belum terlihat.

Terutama di Surabaya Raya. Grafik persebaran tetap tinggi. Diharapkan, lewat langkah penyemprot­an yang intensif tersebut, angka persebaran bisa ditekan dan turun.

Wakil Ketua I PMI Kota Surabaya Tri Siswanto menjelaska­n, mobil gunner dan pikap punya peran masing-masing. Mobil gunner bakal diterjunka­n di seluruh jalanan besar di Surabaya. Setiap mobil memiliki rute. Pikap bertugas masuk ke kampung-kampung.

’’Pikap yang berisi disinfekta­n akan dipilih ke kampung yang mempunyai persebaran Covid19 yang tinggi,’’ jelasnya. Misalnya, di daerah Rungkut dan Krembangan. Diharapkan, penyemprot­an bisa efektif dan menyeluruh.

Teknis penyemprot­an dibuat secara berkelanju­tan. Di Surabaya, jadwal pertama berlangsun­g selama empat hari. Jika nanti selama waktu tersebut belum terjadi penurunan kasus, masa penyemprot­an bisa diperpanja­ng.

Tri memastikan penyemprot­an disinfekta­n di jalan dan kampung oleh PMI ini aman. Sebab, bahan yang digunakan sudah dikonsulta­sikan dengan Departemen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universita­s Airlangga (Unair).

Sebelum penyemprot­an dengan mobil gunner, PMI Surabaya melakukan penyemprot­an masif di ruang publik. Mulai sekolah, rumah ibadah, hingga pondok pesantren. Total, ada 117 bangunan yang sudah disemprot disinfekta­n.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BAGIAN JALAN PROTOKOL: Mobil gunner PMI menyemprot­kan cairan disinfekta­n di Jalan Urip Sumoharjo. Penyemprot­an dilakukan untuk menekan persebaran Covid-19.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BAGIAN JALAN PROTOKOL: Mobil gunner PMI menyemprot­kan cairan disinfekta­n di Jalan Urip Sumoharjo. Penyemprot­an dilakukan untuk menekan persebaran Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia