Jawa Pos

Jumlah Lin di TOW Menurun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hingga kemarin bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan layanan bus antarkota antarprovi­nsi (AKAP) tidak berhenti di Terminal Osowilangu­n (TOW). Namun, beberapa angkutan kota (angkot) masih beroperasi dan melintas di TOW.

Tercatat ada dua angkot atau lin yang masih melintas di TOW. Yakni, lin SG dan PTG rute Surabaya‒Gresik serta lin WK rute TOW‒Keputih. Meski demikian, persentase jumlah lin di dua rute tersebut turun.

Menurut Koordinato­r Bidang Tata Terminal Hery Isbiyanto, untuk lin antar Kota Surabaya‒ Gresik, yang beroperasi sekitar 10‒15 persen. Per hari, lanjut dia, lin yang beroperasi hanya 25 unit. Lalu, lin WK yang masih jalan sekitar 10 persen. ’’Untuk jumlah unitnya sekitar 25 unit lin WK,’’ katanya saat dihubungi kemarin.

Larangan AKDP dan AKAP untuk masuk di terminal karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak hanya berimbas terhadap jumlah lin yang beroperasi. Hery menyebutka­n, jumlah penumpang lin pun merosot. ’’Ya nggak ada penumpang alhasil,’’ tuturnya.

Hery menyatakan, pihaknya tidak berhenti mengingatk­an pengemudi hingga penumpang lin untuk tetap mematuhi aturan PSBB. Yakni, memakai masker. Semua pengemudi lin masih wajib menggunaka­n masker. Hingga kini, tidak ada pengendura­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia