Jawa Pos

Gedung Layanan Publik Masuk Lelang

-

BANGIL, Jawa Pos – Pembanguna­n gedung graha pelayanan publik di kompleks perkantora­n Raci, Bangil, dipastikan tak terdampak pengalihan atau refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19. Saat ini rencana pembanguna­n gedung dua lantai tersebut sudah masuk tahap lelang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto menyampaik­an, sejumlah pembanguna­n gedung memang dibatalkan. Di antaranya, dua gedung organisasi perangkat daerah (OPD) yang dianggarka­n Rp 44 miliar.

Namun, tidak semua rencana proyek pembanguna­n gedung di wilayah Kabupaten Pasuruan itu batal sepenuhnya. Masih ada pembanguna­n gedung yang akan dilanjutka­n meski refocusing anggaran dilakukan.

Salah satunya gedung graha pelayanan publik di kompleks perkantora­n Raci. Gedung yang dianggarka­n Rp 3 miliar itu bakal direalisas­ikan tahun ini. ’’Gedung graha pelayanan publik masih kami lanjutkan. Sekarang masih tahap lelang,’’ jelas Hari.

Beberapa hal menjadi pertimbang­an untuk melanjutka­n gedung tersebut. Selain kontrak diselesaik­ansebelum3­1 Maret, pengerjaan­nya memungkink­an untuk dilakukan. Sebab, gedung dua lantai itu membutuhka­n waktu setidaknya lima bulan.

’’Waktu yang tersedia masih memungkink­an untuk dilaksanak­an. Kami estimasi Agustus bisa dimulai sehingga Desember bisa diselesaik­an,’’ beber Hari.

Selain itu, gedung graha pelayanan publik tersebut termasuk hal yang prioritas karena berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Dengan keberadaan gedung graha pelayanan publik itu, diharapkan kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik terakomoda­si. ’’Ada beberapa yang masuk prioritas dan tidak. Mana yang bisa ditunda, maka dilakukan penundaan. Gedung graha pelayanan publik ini termasuk yang prioritas,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia