Jawa Pos

Senin Mulai Unduh PIN PPDB

SMAN Bisa Fasilitasi asal Terapkan Protokol Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Tahap awal pelaksanaa­n penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN dimulai minggu depan. Pada Senin (8/6), siswa bisa mengakses laman ppdbjatim.net untuk mengunduh personal identifica­tion number (PIN). Hal tersebut dilakukan setelah siswa, wali murid, atau kepala sekolah sudah selesai melakukan entri dan verifikasi nilai rapor.

PIN yang diunduh harus disimpan dan diingat dengan baik. Saat mendaftar, siswa membutuhka­n PIN. Selain itu, siswa harus menyertaka­n nomor ujian nasional (UN). ’’Meski UN dibatalkan karena pandemi, semua kelas XII sudah punya nomor UN. Nanti PIN dan nomor UN itu dipakai untuk daftar secara online,’’ ujar Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi kemarin (2/6).

Dia menjelaska­n, saat membuka laman PPDB untuk mengunduh PIN, calon peserta didik mengakses dengan cara memasukkan nomor UN dan nomor induk siswa nasional (NISN). Wahid mengatakan, tersedia tiga call center dengan tiga provider yang berbeda. ’’Siswa maupun wali murid yang masih bingung atau kesulitan bisa menghubung­i salah satu kontak call center. Baik mengontak lewat telepon maupun pesan WhatsApp,’’ lanjutnya.

Selain itu, satuan pendidikan SMAN diperboleh­kan menyediaka­n sarana dan prasarana berupa unit komputer serta jaringan internet. Tujuannya, memudahkan pendaftar yang mengalami kendala maupun kesulitan saat pendaftara­n. ’’Silakan datang ke sekolah terdekat, nanti dibantu. Tapi, berkaca dari tahun lalu, sepertinya di era seperti ini nggak ada yang terkendala dengan metode pendaftara­n online. Hampir 100 persen bisa dilakukan dan diselesaik­an sendiri. Prosesnya sangat mudah kok,’’ papar mantan Kadishub LLAJ Jatim itu.

Wahid menegaskan bahwa sekolah yang menyediaka­n sarana seperti itu juga harus melengkapi protokol kesehatan. Misalnya, menyediaka­n wastafel sekaligus sabun cuci tangan di gerbang sekolah. Juga, pengaturan jarak pada tiap unit komputer. ’’Tidak perlu disediakan banyak komputer karena harus saling menjaga jarak. Setiap ada yang masuk ke lingkungan sekolah juga wajib pakai masker,’’ tambahnya.

Pihak sekolah pun sudah menyiapkan help desk atau panitia khusus PPDB. Kepala SMAN 1 Khoiril Anwar mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah komputer dan jaringan internet untuk membantu para pendaftar jika mengalami kendala. ’’Semua persiapan, baik perangkat maupun SDM berupa tim panitia PPDB, sudah kami siapkan dan dibentuk. Tinggal jalan saja dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di dunia pendidikan sesuai dengan yang sudah diinstruks­ikan,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia