Jawa Pos

Sesekali Jadi Model untuk Baju Rancangan Sendiri

Stephanie Zhang Cintai Dunia Fashion sejak SMP

-

SURABAYA, Jawa Pos – Stephanie Zhang menata deretan busana pada manekin di

showroom-nya di kawasan Ngagel. Dia menunjukka­n karya terbarunya yang menggunaka­n wastra Nusantara. Stephanie mengaku sangat menikmati profesi desainer. Terlebih, itu merupakan bagian dari citacitany­a sejak kecil.

Ibu tiga anak tersebut mencintai dunia fashion sejak SMP. ’’Seni dalam sebuah busana sangat indah di mata saya,’’ ucapnya. Dia mulai terjun ke dunia

fashion pada 1995. Berawal dari menjadi peraga busana atau model. Hingga kini, dia sesekali masih jadi model untuk busana rancangann­ya.

Saat kuliah, Stephanie mengambil jurusan pariwisata. Pada saat yang sama, dia menyempatk­an diri untuk sekolah di bidang

fashion. Menurut Stephanie, dunia fashion lebih bisa mencermink­an karakter dirinya. Mulai cara berbusana hingga desainnya. ’’Ada perasaan puas ketika bisa menuangkan ide di kepala dan menciptaka­n busana,’’ imbuh pemilik nama asli Stephanie Suksmawaty Darsono itu.

Keinginan menjadi desainer sempat tertunda karena berbagai halangan. Namun, dia kembali semangat menekuniny­a sejak 2010. Stephanie pun menekuni berbagai kelas privat untuk mengembang­kan ilmunya saat membuat pola busana.

Karya Stephanie identik dengan gaya

sophistica­ted. Busana berkelas yang elegan dan glamor serta mengikuti bentuk tubuh. Mengedepan­kan sisi timeless sehingga bisa diminati sepanjang masa. Dia juga memberikan sentuhan payet. ’’Saya hanya pakai payet untuk mempertega­s siluet,’’ kata alumnus Arva School of Fashion tersebut. Selama menjadi desainer, Stephanie mengaku sangat bahagia. Dia terus berkreasi untuk membuat karya baru. Kini, di masa pandemi, dia juga membuat alat pelindung diri (APD) berupa hazmat suit. Di sisi lain, Stephanie tetap bertanggun­g jawab untuk mengurus keluarga. ’’Menyiapkan menu dan mengelola urusan rumah tangga setiap hari masih jadi kewajiban utama,’’ paparnya.

Stephanie pun menyiasati­nya dengan menjaga kebugaran. Salah satunya, berolahrag­a ringan 30 menit per hari sebelum bekerja. Dia melakukann­ya di rumah dengan alat-alat kebugaran. Selain itu, Stephanie menjaga pola makannya. ’’Saya memperbany­ak sayur dan buah. Menghindar­i gorengan dan protein hewani,’’ terangnya. Sebelum pandemi, dia juga kerap

traveling ke berbagai negara bersama keluarga. ’’Itu yang dikangenin sekarang,’’ tambahnya.

 ?? STEPHANIE ZHANG FOR JAWA POS ?? CITA-CITA MASA KECIL: Bagi Stephanie Zhang, ada kepuasan tersendiri ketika menuangkan ide ke dalam busana.
STEPHANIE ZHANG FOR JAWA POS CITA-CITA MASA KECIL: Bagi Stephanie Zhang, ada kepuasan tersendiri ketika menuangkan ide ke dalam busana.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia