Jawa Pos

Melepas Rindu dengan Bernyanyi Bersama

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di masa pandemi, kutinggalk­an kini. Barulah sadar diriku,

Petraku kurindu. Penggalan lagu Petraku Kurindu itu bergema saat sebuah video diputar. Video tersebut menampilka­n rektor dan civitas academica Universita­s Kristen Petra (UK Petra). Mereka kompak menyanyika­n lagu itu bersama-sama.

Di video tersebut, puluhan orang terlibat untuk bernyanyi. Diawali Rektor UK Petra Prof Djwantoro Hardjito PhD, lalu dilanjutka­n oleh para pimpinan kampus seperti wakil rektor dan ketua lembaga. Ada juga dosen, mahasiswa, bahkan alumni UK Petra. Jumlahnya lebih dari 30 orang. Lantas, rekaman video yang diambil dari rumah masingmasi­ng tersebut digabung menjadi satu.

Ide menyanyika­n lagu tersebut tercetus dalam pertemuan pimpinan UK Petra. Mereka sama-sama mengaku rindu karena tidak berjumpa dengan kampus dalam waktu yang lama. Mereka juga rindu untuk melakukan rutinitas sehari-hari di kampus. Mereka lantas mendapat ide untuk menyanyika­n lagu tersebut dan merekamnya dari rumah masing-masing.

Lirik lagu itu ditulis dosen Fakultas Bahasa dan Sastra UKP Dr Ribut Basuki MA. Lirik tersebut digubah dari versi asli lagu My Name

in Mother’s Prayer. Di Indonesia, lagu tersebut dikenal dengan judul Di Doa Ibuku

Namaku Disebut. ”Irama lagu tersebut cocok dengan lirik lagu versi Petraku Kurindu,” ujar pria yang menjabat kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UK Petra itu.

Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk merealisas­i ide tersebut. Sebab, ada berbagai tantangan selama proses penyelesai­an lagu itu.

Rektor UK Petra Prof Djwantoro Hardjito PhD menjelaska­n, lagu tersebut mengandung makna untuk meringanka­n beban, melepas kerinduan, dan menjadi hiburan. ”Mengingat, UK Petra sudah kami anggap sebagai rumah kedua,” tuturnya. Melalui lagu itu, dia juga berharap moral dan semangat warga kampus tetap terjaga baik di masa pandemi.

 ?? UK PETRA FOR JAWA POS ?? DIREKAM DARI RUMAH: Civitas academica UK Petra menyanyika­n lagu Petraku Kurindu dalam kumpul virtual.
UK PETRA FOR JAWA POS DIREKAM DARI RUMAH: Civitas academica UK Petra menyanyika­n lagu Petraku Kurindu dalam kumpul virtual.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia