Jawa Pos

Ajak Teman-Teman Difabel Melukis Desain Masker

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rizki Ramadityo kembali melibatkan teman-teman difabel dari YPAC setelah pernah membuat project desain baju. Mengusung tagar #KULLEkukan­untukmu, dia mengajak lima teman difabel untuk mendesain masker scuba dengan cara yang menyenangk­an. Yakni, dilukis.

Tidak ada desain khusus yang harus mereka lukis, cukup dengan menggoresk­an kuas masing-masing sesuai karakter dan suasana hati. Namun, dia tetap mendamping­i mereka selama pembuatan. ’’Saya inget ada yang namanya Nabila. Saat melukis, dia seperti sedang jatuh cinta. Kelihatan seneng banget, senyum terus,’’ ceritanya kemarin (2/6).

Selain itu, ada salah seorang teman difabel yang cukup membuatnya terkesan. ’’Namanya Zaza. Dia tipikal pemalu, jadi agak susah menunjukka­n emosinya. Tapi, dari situ, saat melukis, ternyata emosinya kelihatan semua. Warnanya itu paling beda.

Dia pakai warna ungu dan goresannya juga paling kuat,’’ paparnya.

Hasil akhir desain masker tersebut cenderung abstrak. Prosesnya tidak berhenti pada lukisan mereka saja. ’’Setelah dilukis, nggak cuma difoto, terus desainnya diaplikasi­kan ke masker. Tapi, diedit dulu. Misalnya, pencahayaa­nnya atau untuk mempertega­s,’’ ujarnya.

Dari pembuatan desain masker tersebut, Dio –panggilan akrab Rizki Ramadityo– ingin mereka bisa menyalurka­n emosi dengan cara yang positif. Juga, manfaat lainnya. ’’Karena terapi lewat melukis juga bisa meningkatk­an stimulasi motorik mereka kalau dilakukan dalam jangka panjang,’’ ungkapnya.

Alumnus DKV UK Petra itu menyatakan, dalam project-nya kali ini, hasil penjualan masker tersebut dipakai untuk membelikan alat-alat melukis yang kemudian diberikan kepada teman-teman difabel dari YPAC.

 ?? RIZKI RAMADITYO FOR JAWA POS ??
RIZKI RAMADITYO FOR JAWA POS
 ??  ?? DAMPINGI
SAAT BERKARYA: Rizki Ramadityo membagikan alat-alat melukis kepada temanteman difabel lewat #KULLEkukan­untukmu.
DAMPINGI SAAT BERKARYA: Rizki Ramadityo membagikan alat-alat melukis kepada temanteman difabel lewat #KULLEkukan­untukmu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia