Jawa Pos

Rumah Sakit Rujukan di Jatim Capai 100 Unit

-

SURABAYA, Jawa Pos - Rumah sakit (RS) darurat di Jalan Indrapura, Surabaya, akhirnya resmi beroperasi. Kemarin RS yang diinisiato­ri Pemprov Jatim itu diresmikan Kepala Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) Doni Manardo.

Kini RS darurat resmi menjadi rumah sakit rujukan di Jatim. Fasilitas itu dikhususka­n bagi pasien dengan gejala ringan. ”Rumah sakit ini menjadi pendukung penindakan pasien positif Covid-19 di Jatim,” kata Doni.

Rumah sakit darurat tersebut memiliki sekitar 200 bed. Jumlah itu masih bisa ditambah sampai 300 bed. Bahkan, pada kondisi tertentu, jumlah bed masih bisa dimaksimal­kan.

Dengan tambahan RS darurat, hingga saat ini total ada 100 RS yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jatim. Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap penyembuha­n pasien semakin maksimal. ”Dengan begitu, pasien yang sembuh/ negatif terus bertambah,” ucapnya.

Selain jumlah RS rujukan yang bertambah, ada kabar positif lain. Jumlah pasien sembuh di Jatim meningkat. Kemarin, misalnya, ada 100 pasien sembuh/negatif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan

Penanganan (GTPP) Covid-19 Rumpun Kuratif dr Joni Wahyuhadi menyebutka­n, persentase kenaikan pasien sembuh mencapai 2 persen. ”Sebelumnya, jumlah pasien sembuh hanya 13 persen. Kini menjadi 15 persen. Kami berharap terus naik dan penambahan pasien turun. Karena itu, kedisiplin­an masyarakat harus ditingkatk­an,” katanya.

Dalam peresmian itu, Doni datang bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Mereka disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Wagub Elestianto Dardak serta jajaran GTPP Covid-19 Jatim.

 ?? HUMASPROV JATIM FOR JAWA POS ?? SUDAH DIFUNGSIKA­N: Doni Manardo (kanan) bersama Gubernur Khofifah meninjau aktivitas RS darurat di Surabaya.
HUMASPROV JATIM FOR JAWA POS SUDAH DIFUNGSIKA­N: Doni Manardo (kanan) bersama Gubernur Khofifah meninjau aktivitas RS darurat di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia