Jawa Pos

Jawa Zona Merah, Persiraja Usulkan di Aceh

- INSTAGRAM

SALAH satu usulan Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan dalam virtual meeting dengan klub Liga 1 kemarin (2/6) adalah menjadikan Pulau Jawa sebagai satusatuny­a lokasi untuk melanjutka­n kompetisi. Usulan itu tentu dipertanya­kan banyak pihak, terutama klub-klub dari luar Pulau Jawa. Selain dinilai tidak adil, pandemi Covid-19 justru masih sangat tinggi di Pulau Jawa jika dibandingk­an dengan wilayah Indonesia lainnya.

Salah satu klub yang paling mengkritik usulan dari Iwan Bule –sapaan Moch. Iriawan– adalah Persiraja Banda Aceh. Sekretaris Persiraja Rahmat Djailani menyatakan tidak setuju dengan wacana memainkan Liga 1 di Pulau Jawa. Hal tersebut membuat para pemain dan ofisial rawan tertular virus SARS-CoV-2. ’’Formatnya home tournament atau seperti apa belum jelas. Kalau home tournament, di mana lokasinya? Sebagian besar Pulau Jawa zona merah,’’ katanya.

Rahmat justru mengusulka­n kompetisi digelar di luar Jawa. Misalnya, Aceh yang tingkat persebaran virus koronanya sudah tidak tinggi. ’’Lebih baik daripada di Pulau Jawa. Protokol kesehatan juga lebih mudah dilaksanak­an karena bukan zona merah,’’ tuturnya.

Selain itu, nanti tidak perlu diadakan pertanding­an tanpa penonton. Di Aceh, dia menjamin pertanding­an akan bisa dilakukan dengan penonton. ’’Masyarakat Aceh itu butuh hiburan. Kami juga akan menerapkan protokol kesehatan dengan baik,’’ tegasnya.

Berbeda halnya dengan Persipura Jayapura. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu tidak mempersoal­kan jika kompetisi dilanjutka­n di

Pulau Jawa. Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano justru bersyukur kompetisi bisa dilanjutka­n. ’’Pasti akan ada aturanatur­an baru atau pembatasan-pembatasan untuk menyesuaik­an prosedur dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19,’’ terangnya.

CEO PT PSM Munafri Arifuddin berharap, keputusan untuk melanjutka­n kompetisi di Pulau Jawa harus benar-benar dimatangka­n. Salah satu yang harus dicermati adalah soal protokol kesehatan. ’’Harus dipikirkan bagaimana latihan tim serta proses berpindah tempat dan selama berada di lapangan,’’ paparnya.

Dia juga setuju apabila pertanding­an dilakukan tanpa penonton. ’’Tidak adil nanti bagi kami, tim-tim musafir yang ke Pulau Jawa, kalau pertanding­an tetap dengan penonton,’’ ungkapnya.

 ??  ?? KUDA HITAM: Skuad Persiraja Banda Aceh tampil meyakinkan di awal-awal Liga 1 musim 2020.
KUDA HITAM: Skuad Persiraja Banda Aceh tampil meyakinkan di awal-awal Liga 1 musim 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia