Jawa Pos

Juli, Istiqlal Mulai New Normal

-

JAKARTA, Jawa Pos – Masjid Istiqlal akan menjadi contoh utama penerapan tatanan kehidupan normal baru (new

normal) dalam hal peribadaha­n. Saat ini masjid belum dibuka untuk aktivitas jamaah umum lantaran ada proses renovasi beberapa bulan terakhir.

”Tadi sudah disampaika­n, sudah selesai kurang lebih 90 persen. Ini akan diselesaik­an insya Allah awal Juli,’’ terang Presiden Joko Widodo setelah meninjau progres renovasi kemarin (2/6).

Rencananya, Istiqlal dibuka kembali pada Juli mendatang. Presiden berharap pengurus masjid menyiapkan protokol kesehatan secara maksimal. ’’Sehingga nanti saat kita laksanakan salat di Istiqlal, semuanya aman dari Covid,’’ lanjut mantan gubernur DKI Jakarta itu. Terlebih, jamaah Masjid

Istiqlal berasal dari daerah mana pun yang bisa saja masih berstatus zona merah.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menjelaska­n, masjid dibuka pada Juli mendatang untuk aktivitas ibadah salat berjamaah bagi umum. Khususnya salat Jumat. Mengenai penerapan protokol kesehatan, Nasaruddin menyatakan, pihaknya menyiapkan jarak antarjamaa­h 1,5 meter. Dengan kata lain, jamaah akan mengembang karena ruang utama tidak boleh penuh dan rapat. ’’Mungkin lantai-lantai atasnya bisa dipakai,’’ katanya.

Masjid Istiqlal memiliki lima lantai. Di atas ruang utama, ada empat tingkat mezanin di sisi utara, selatan, dan timur. ’’Masjid Istiqlal harus yang paling pertama jadi contoh dalam hal masjid yang mengindahk­an protokol,’’ tuturnya.

Selain itu, karpet baru yang menjadi bagian renovasi masjid belum akan dipasang meski Masjid Istiqlal buka untuk umum. Fasilitas kesehatan seperti klinik dan ambulans juga tersedia. Begitu pula penyemprot­an disinfekta­n secara berkala.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengatakan, pihaknya perlu mengeluark­an panduan atau surat edaran untuk seluruh masjid di Indonesia. Diharapkan, persiapan pengoperas­ian masjid bisa berjalan baik dan mematuhi ketentuan protokol kesehatan. ’’Saya ingin sampaikan bahwa masjid lebih mudah diatur ketimbang tempat umum lain,’’ katanya di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) kemarin.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? JAGA JARAK: Salat Duhur berjamaah di Masjid Istiqlal kemarin (2/6). Saat ini Istiqlal tengah merampungk­an renovasi sekaligus persiapan penerapan protokol kesehatan saat dimulainya new normal.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS JAGA JARAK: Salat Duhur berjamaah di Masjid Istiqlal kemarin (2/6). Saat ini Istiqlal tengah merampungk­an renovasi sekaligus persiapan penerapan protokol kesehatan saat dimulainya new normal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia