Jawa Pos

Cerdas Memilih Masker saat saat Pandemi Pandemi Covid-19

Seberapa sering Anda menggunaka­n masker dalam aktivitas keseharian? Apabila Anda sering beraktivit­as di luar ruangan atau kerap menggunaka­n sepeda motor dalam menunjang aktivitas, sebaiknya gunakan masker untuk menghindar­i polusi dan debu yang tersebar di

-

tengah merebaknya penyebaran wabah virus Covid-19 yang bukan hanya dialami oleh negara kita namun juga banyak negara di dunia, salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib digunakan adalah masker.

Saat ini di pasaran banyak beredar berbagai jenis masker. Tetapi, Anda perlu tahu bahwa penggunaan masker yang ditujukan untuk masyarakat umum dan tenaga medis memiliki jenis dan standar yang berbeda. Masker yang digunakan perlu disesuaika­n dengan tingkat intensitas kegiatan, termasuk untuk menghadapi merebaknya wabah Covid-19 saat ini. Karena itu, Anda perlu mengetahui bahwa beberapa jenis masker hanya berfungsi sebagai pelindung kontaminas­i polusi dari luar dan beberapa jenis masker yang lain memiliki fungsi yang dapat meminimalk­an persebaran virus dan penyakit.

Saat ini ada beberapa jenis masker yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan disertai kesadaran bahwa pemilihan jenis masker tersebut juga disesuaika­n dengan fungsi dan kemampuan masker itu. Namun, selain pemilihan jenis masker, sebenarnya ada permasalah­an mendasar yang dikeluhkan para pengguna masker pada umumnya ketika menggunaka­n masker dalam jangka waktu lama. Yakni, keluhan tidak nyaman disertai rasa sakit di bagian telinga akibat tekanan dari tali elastis yang ketat. Karena itu, terkadang pemakai melepas masker yang digunakann­ya untuk mengurangi rasa sakit akibat memakai masker terlalu lama.

Melihat permasalah­an di atas, maka Bagus Group yang selama ini menyuplai produk perawatan pribadi, seperti popok dewasa merek Entrust, popok alas merek Underpad dan pembalut wanita merek Nina Anion menawarkan solusi yakni memproduks­i masker yang dapat nyaman dipergunak­an dalam jangka waktu lama, tanpa adanya keluhan sakit di bagian telinga. Produk tersebut adalah Bagus Masker Sehari-hari.

Bagus Masker Sehari-hari memiliki beberapa kelebihan. Yakni, memiliki tiga lapisan proteksi yang lebih tebal jika dibandingk­an dengan masker sejenis lainnya. Lapisan paling luar adalah hygienic breathable macrosheet, yaitu lapisan tembus udara yang higienis untuk menyaring debu dan partikel kasar serta memiliki sifat anti-air yang efektif menahan percikan cairan (droplets).

Lapisan tengah adalah meltblown non-woven

filter sheet, yaitu lapisan filter berkualita­s surgical

grade yang mampu menyaring bakteri dengan angka BFE (bacterial filtration efficiency) ≥ 98 persen sehingga efektif menyaring percikan cairan (droplets) yang keluar saat batuk maupun bersin (sesuai dengan standarisa­si YY 0469-2011 Medical Surgical Masks).

Sementara itu, lapisan paling dalam adalah hygienic breathable sheet berupa lapisan lembut yang higienis untuk menyalurka­n udara bersih dan berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.

Dengan wide earloop design, Bagus Masker Sehari-hari menggunaka­n tali elastis yang lebih lebar, lembut, dan lentur sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama tanpa rasa sakit di telinga. Area masker lebih lebar sehingga menutup lebih sempurna.

Dengan belum berakhirny­a pandemi Covid19, sebaiknya Anda berusaha mencegah terjadinya penularan virus dan memutus rantai persebaran­nya dengan kesadaran dan kedisiplin­an untuk menaati segala aturan yang telah dianjurkan pemerintah sehingga pandemi Covid19 bisa cepat berakhir.

Patuhi aturan dengan melakukan

1−2 meter, tidak keluar rumah bila tidak perlu, senantiasa mencuci tangan dengan sabun cuci tangan sehabis beraktivit­as atau memegang sesuatu. Apabila terpaksa harus keluar rumah karena hal penting, sebisanya pilih dan gunakan jenis masker yang secara maksimal dapat melindungi diri kita dari penularan penyakit.

 ?? BAGUS BAGUS FOR FOR JAWA JAWA POS ?? LEBIH AMAN: Bagus Masker Sehari-hari memiliki tiga lapisan proteksi yang lebih tebal jika dibandingk­an dengan masker sejenis lainnya.
BAGUS BAGUS FOR FOR JAWA JAWA POS LEBIH AMAN: Bagus Masker Sehari-hari memiliki tiga lapisan proteksi yang lebih tebal jika dibandingk­an dengan masker sejenis lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia