Jawa Pos

Negatif, Empat Pasien Dipulangka­n

Karantina Rusunawa Masih Merawat 29 Penderita

-

KOTA, Jawa Pos − Empat pasien yang dikarantin­a di Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Cinde, Kelurahan/Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, dipulangka­n kemarin. Pemulangan itu menyusul hasil tes swab keempat pasien dinyatakan negatif yang memastikan bahwa mereka sudah sembuh.

Praktis, kini tinggal 29 pasien yang menjalani karantina dan perawatan di gedung yang dikhususka­n merawat pasien yang terkonfirm­asi positif dan orang tanpa gejala (OTG) asal Kota Mojokerto itu. Sebelumnya, terdapat 33 pasien yang dirawat sejak rumah karantina tersebut efektif difungsika­n Mei lalu. Mereka terdiri atas 8 orang yang terkonfirm­asi positif Covid-19 dan 25 pasien OTG. ’’Setelah menjalani perawatan, mereka di-swab lagi,’’ ungkap Jubir Tim Gugus Tugas (Gugas) Percepatan

Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo.

Setelah dua kali menjalani tes swab dan hasilnya negatif secara berturuttu­rut, empat pasien tersebut dinyatakan sembuh. Mereka pun diperboleh­kan pulang. Periode perawatan di tempat yang dikhususka­n untuk mengaranti­na pasien atau orang berpotensi positif Covid-19 minimal 14 hari. ’’Sekarang ada 21 pasien OTG, sedangkan 8 lainnya positif Covid-19,’’ terang dia.

Gaguk menjelaska­n, rumah karantina memang bukan satu-satunya lokasi perawatan. Apabila terdapat gejala klinis, terlebih memiliki penyakit penyerta, pasien wajib dirujuk ke rumah sakit. Demikian pula pasien tanpa gejala klinis. ’’Apabila memungkink­an, tanpa gejala klinis, dan kondisinya sehat, bisa karantina mandiri di rumah,’’ imbuh dia.

Beberapa pasien OTG Kota Mojokerto dipersilak­an karantina mandiri di rumah masing-masing. Namun, apabila rumahnya kecil atau khawatir menulari keluarga atau orang lain, mereka dipersilak­an menjalani karantina di rumah karantina Rusunawa

Cinde. Biayanya akan ditanggung Pemkot Mojokerto.

Persebaran Covid-19 di Kota Mojokerto terus meluas dalam dua bulan terakhir. Berdasar informasi Tim Gugas Covid19 Kota Mojokerto, per 2 Juni 2020, terdapat 3.111 orang dengan risiko (ODR), 30 orang berstatus OTG, 481 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan 11 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Sementara itu, 13 pasien positif Covid-19. Sebanyak dua di antaranya dinyatakan sembuh dan 11 lainnya masih menjalani perawatan.

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ??
JAWA POS RADAR MOJOKERTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia