Jawa Pos

Targetkan Semua Jadi Kampung Tangguh

-

GRESIK, Jawa Pos - Kampung tangguh di masa pandemi Covid19 terus bertambah. Kemarin (2/6) Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meluncurka­n Kampung Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib, dan Rukun) di Desa Sukorejo, Kebomas. Saat ini sudah ada sembilan kampung tangguh di Gresik.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengapresi­asi semangat warga Sukorejo untuk menjaga wilayahnya tetap sebagai zona hijau dan mempertaha­nkan status tersebut. Saat ini di Gresik sudah terbentuk sembilan kampung tangguh. Sebanyak 49 desa lain segera menyusul. ”Targetnya semua desa,” ujar Arief.

Kampung tangguh yang digagas Kapolda Jatim Irjen Muhammad

Fadil Imran itu, tambah dia, menjadi ujung tombak partisipas­i masyarakat, relawan, dan semua elemen dalam menghadapi masa pandemi ini. ”Sangat bermanfaat. Selain menumbuhka­n sikap gotong royong, saling membantu, keberadaan kampung tangguh bisa mencegah gangguan kamtibmas,” katanya.

Sementara itu, untuk meningkatk­an disiplin warga, sejumlah tempat keramaian seperti mal, pasar, hingga fasilitas umum mulai dijaga aparat keamanan. Baik personel TNI, anggota Polri, personel satpol PP, maupun petugas lain. Untuk kepentinga­n itu, Kodim 0817/Gresik mendapat tambahan 150 personel dari Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yudha Blitar.

Dandim 0817/Gresik Letkol Inf

Budi Handoko mengatakan, personel tambahan itu akan ditempatka­n di 15 titik yang telah ditentukan bersama Polres Gresik dan satpol PP. Selama di lapangan, mereka akan terus berkomunik­asi dan berkoordin­asi. ”Terutama dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Budi kemarin (2/6).

Sementara itu, berdasar update persebaran Covid-19 di Gresik kemarin, kasus korona telah sampai di Pulau Putri atau Bawean. Di pulau itu, ada satu pasien yang terkonfirm­asi positif dari Desa Sidogedung­batu, Kecamatan Sangkapura. ”Hari ini (kemarin, Red) total ada tambahan lima positif. Total kasus positif 183,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Syaifuddin Ghozali.

 ?? FOTO CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? MENUJU KENORMALAN BARU: Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meluncurka­n kampung tangguh di Desa Sukorejo, Kebomas, kemarin. Foto bawah, anggota TNI mulai mengawasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Baru Gresik.
FOTO CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS MENUJU KENORMALAN BARU: Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meluncurka­n kampung tangguh di Desa Sukorejo, Kebomas, kemarin. Foto bawah, anggota TNI mulai mengawasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Baru Gresik.
 ?? FOTO CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ??
FOTO CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia