Jawa Pos

Tifosi Masuk Stadion Lagi

-

ROMA, Jawa Pos – Serie A baru dimulai lagi per 20 Juni. Namun, pemerintah Italia sudah memberikan angin segar kepada tifosi alias para suporter. Seperti dilansir Football Italia, suporter masih bisa menikmati atmosfer pertanding­an langsung di stadion untuk musim ini. Tepatnya menjelang akhir musim.

Hal itu diungkapka­n Wakil Menteri Kesehatan Alessandro Zampa. Dia mengatakan bahwa kebijakan mengizinka­n suporter memasuki stadion hanya berlaku jika kurva kasus positif Covid-19 terus menurun saat memasuki akhir musim.

Apalagi, beberapa tempat umum seperti bioskop dan teater juga dibuka lagi meski menerapkan jarak sosial.

Mengenai hal itu, pemerintah Italia cukup pede. Sebab, jumlah kematian dan kasus Covid-19 terus berkurang. Kemarin bahkan dilaporkan tidak ada kasus dan kematian baru. Posisi Italia kini berada di posisi keenam dengan jumlah kasus positif sebanyak 233.836 orang.

Itu jadi bukti bahwa Italia mengalami kemajuan cukup bagus dalam menekan jumlah kasus Covid-19. Jika dalam sebulan ke depan tidak ada perkembang­an dalam kurva kasus positif, wacana tifosi masuk stadion bukan sekadar isapan jempol.

Jumlah tifosi yang hadir sangat mungkin dibatasi hanya separo kapasitass­tadion.Sebab,physicaldi­stancing tetap harus diterapkan. Jika terealisas­i, itu bisa jadi rujukan buat musim depan untuk diterapkan hal yang sama.

”Mengenai hal tersebut, kami akan membahasny­a bersama dengan komitetekn­isilmiah,MenteriOla­hraga Vincenzo Spadafora, dan Menteri Kesehatan Roberto Speranza,” kata Zampa kepada radio Kiss Kiss Napoli.

Sebagai ”pemanasan”, cara unik Lazio bisa ditiru 19 tim Serie A lainnya. Seperti dilansir Corriere dello Sport, rival sekota AS Roma itu meluncurka­n sebuah inisiatif untuk menghadirk­an suporter ke Stadio Olimpico untuk sisa musim ini. Bukan orang sungguhan. Melainkan

dalam bentuk karton foto.

Kampanye itu disebut ”Tu non sarai mai sola” (Anda tidak akan pernah sendirian). Para suporter dapat mengirimka­n foto mereka dan klub akan mencetakny­a dalam wujud karton berukuran 75 x 45 cm untuk mengisi kursi di Olimpico. Bahkan, hal tersebut juga bisa diterapkan untuk musim depan. Makin menyenangk­an bagi Laziale –julukan tifosi Lazio– karena foto mereka akan dibubuhi tanda tangan kapten Senad Lulic sekaligus beramal untuk Palang Merah Italia.

 ?? INSIDE WORLD FOOTBALL ?? JAGA JARAK: Penonton pertanding­an antara DVTK dan Mezokovesd di Stadion DVTK, Miskolc, Hungaria, Minggu (31/5) WIB.
INSIDE WORLD FOOTBALL JAGA JARAK: Penonton pertanding­an antara DVTK dan Mezokovesd di Stadion DVTK, Miskolc, Hungaria, Minggu (31/5) WIB.
 ?? AFP ?? German Burgos
AFP German Burgos
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia