Jawa Pos

Hanya 22 Tim Yang ke Orlando

-

FLORIDA, Jawa Pos – NBA musim 2019–2020 bakal dilanjutka­n di ESPN Wide World of Sports Complex, Orlando, Florida. Di dalam resor raksasa milik Disney. Namun, hanya ada 22 tim yang ambil bagian dalam lanjutan musim yang rencananya tip-off mulai 31 Juli tersebut. Setidaknya, itulah rencana yang diajukan Dewan Gubernur

NBA seperti diberitaka­n

ESPN. Proposal itu harus disetujui tiga perempat di antara 30 tim NBA. Tim-tim tersebut mengadakan meeting dengan Komisioner NBA Adam Silver dini hari tadi.

Ke-22 tim yang berangkat ke Orlando terdiri atas 16 tim, masing-masing 8 tim yang menduduki posisi teratas klasemen tiap wilayah. Plus, sisanya tim-tim yang masih berpeluang lolos ke playoff. Setidaknya masih menyisakan delapan game. Ada 13 tim dari wilayah barat dan 9 tim wilayah timur yang diproyeksi­kan mengikuti lanjutan musim.

Nanti 22 tim tersebut memainkan delapan game tambahan musim reguler untuk menentukan peringkat unggulan menuju playoff. Jika peringkat ke-8 dan 9 memiliki rekor menangkala­h sama, mereka harus berduel untuk memperebut­kan satu slot playoff. Berikutnya, seeded ke-9 wajib menang dua kali secara beruntun untuk menggeser peringkat ke-8.

Meski tidak bisa diikuti seluruh tim, tampaknya pemain menyambut gembira keputusan tersebut. Mewakili mereka, Direktur Eksekutif Asosiasi Pemain Basket NBA (NPBA) Michele Roberts mengatakan bahwa ini menjadi momentum terbaik untuk kembali berkompeti­si.

’’Sudah waktunya, sudah waktunya,’’ kata Roberts kepada ESPN. ’’Sudah sekitar 2,5 bulan kita bertanya-tanya, ’Bagaimana jika.’ Mereka sangat ingin bermain dan melanjutka­n musim,’’ papar Roberts dalam meeting virtual beberapa waktu lalu. ’’Pemain-pemain ini butuh kepastian. Kupikir kita semua butuh,’’ imbuhnya.

Nah, dengan proposal 22 tim itu, berarti ada 8 tim yang tidak bisa melanjutka­n kompetisi. Di antaranya bahkan ada runner-up musim lalu, Golden State Warriors. Juga ada Atlanta Hawks, Cleveland Cavaliers, Charlotte Hornetts, hingga Detroit Pistons. Sumber ESPN menyebutka­n, tentu mereka kecewa.

Masalahnya, para pemain mereka bakal absen dari pertanding­an selama sembilan bulan penuh. Sebab, diperkirak­an musim ini baru berakhir pada 12 Oktober. Sementara itu, musim depan diproyeksi­kan baru dimulai pada Desember.

 ?? FERNANDO MEDINA/NBAE/GETTY IMAGES VIA AFP ?? SEGERA BERAKSI!: Bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokoun­mpo saat bertanding melawan Orlando Magic di Amway Center, Orlando (2/11/2019). NBA bakal bergulir dengan 22 tim saja.
FERNANDO MEDINA/NBAE/GETTY IMAGES VIA AFP SEGERA BERAKSI!: Bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokoun­mpo saat bertanding melawan Orlando Magic di Amway Center, Orlando (2/11/2019). NBA bakal bergulir dengan 22 tim saja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia