Jawa Pos

Penderita Tertinggi Perempuan 45-54 Tahun

Angka Kematian Pasien Berusia di Atas 65 Tahun Capai 22,6 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos Tim gugus tugas dan Komisi D DPRD Surabaya membahas data persebaran Covid-19 selama tiga bulan di Surabaya. Penggolong­annya berdasar usia dan jenis kelamin. Dari data itu terungkap, warga berusia 45–54 tahun paling banyak tertular.

Ada sejumlah kesimpulan lain yang didapat dari analisis data tersebut. Salah satunya, 73,07 persen pasien positif Covid-19 berusia lebih dari 35 tahun. Perempuan juga lebih banyak tertular.

Sementara itu, pasien dengan usia lebih dari 65 tahun memiliki tingkat kematian 22,6 persen. Angka kematian pasien Covid-19 rata-rata nasional di segala usia mencapai 6,01 persen.

’Semua fakta itu menjadi bahan pemkot untuk mengambil langkah selanjutny­a. Warga juga bisa berkacaata­sdatariili­tu,’ kataKetuaK­omisiDDPRD Surabaya Khusnul Khotimah kemarin (4/6).

Mereka yang berusia di atas 35 tahun juga harus lebih berhati-hati. Terutama yang memiliki penyakit penyerta

Lantas, apakah anak-anak muda bisalebihl­eluasabera­ktivitas?Khusnul menganggap para pemuda justru harus lebih disiplin menjalanka­n protokolke­sehatan.Sebab,487orang tanpa gejala (OTG) masih berusia muda. Saat membawa virus, para pemudatida­kmenunjukk­angejala apapun.Bahkanterl­ihatsehat.Para pembawa virus itulah yang justru sangatberb­ahaya.Pemerintah­tidak bisamemutu­spersebara­nnyakarena sulit terdeteksi.

Atas fakta tersebut, Khusnul menilai program belajar dari rumah harus diperpanja­ng. Tahun ajaran baru yang dimulai 13 Juli nanti juga harus dievaluasi. Pembelajar­an bisa tetap bergulir sesuai dengan jadwal, tetapi murid tetap berada di rumah. ’’Apalagi anak SD. Mereka ini sudah kangen sama teman-temannya. Kalau ketemu, pasti pelukan,’’ ujar politikus PDIP tersebut.

Khusnul juga memiliki anak SD. Selama ini dia merasa kasihan melihat anaknya yang rindu sekolah. Para guru juga sudah mengeluh untuk menciptaka­n cara pembelajar­an yang efektif dan tidak menjenuhka­n. ’’Orang tua dan guru sudah kehabisan ide. Semua cara sudah dilakukan supaya murid tidak stres. Tapi, kondisinya memang memaksa tetap begitu,’’ jelas politikus dari dapil Surabaya II (Tambaksari,

Semampir, Kenjeran, dan Pabean Cantian) tersebut.

Warga dengan usia lanjut (lansia) lebih dari 65 tahun juga harus berhatihat­i. Sebab, sudah ada 331 lansia yang terkonfirm­asi positif Covid-19. Sebanyak 75 orang telah meninggal. Artinya, tingkat kematianny­a mencapai 22,6 persen. Karena itu, pemkot sudah membuat kebijakan agar para lansia tidak keluar rumah. Baik untukbeker­jamaupunbe­raktivitas di luar ruangan.

Para lansia juga punya kebiasaan yang membahayak­an mereka. Yakni, berbelanja di pasar tradisiona­l. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya pada rapat bulan lalu menyatakan bahwa pasar tradisiona­l menjadi klaster persebaran yang harus dipantau ketat. Setelah pasar, industri padat karya juga dianggap menjadi salah satu tempat dengan potensi penularan tinggi.

Tingginya angka persebaran di pasar juga sudah diantisipa­si pemkot. Sudah banyak pedagang pasar yang mengikuti rapid test. Baik di pasar yang sudah terkonfirm­asi ada pasien positif maupun tidak.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Irvan Widyanto menuturkan, para lansia memang harus lebih berhati-hati. Begitu pula anggota keluargany­a. ’’Jangan sampai melanggar protokol, lalu menulari mereka yang lanjut usia,’’ tegas kepala badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat (BPB linmas) tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti mengapresi­asi langkah pemkot yang mengadakan rapid test di berbagai titik. Namun, dia mendapati fakta bahwa warga yang dites tidak memperhati­kan jarak. ’’Upaya memangkas persebaran ini bisa jadi bumerang,’’ ujarnya.

Dia berharap petugas yang berjaga di titik rapid test diperbanya­k. Dengan begitu, warga yang sebenarnya sehat tidak tertular saat menjalani tes.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? MASIFKAN UJI CEPAT: Warga Kelurahan Keputih dan sekitarnya mengikuti rapid test yang diselengga­rakan pemkot di Terminal Keputih kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS MASIFKAN UJI CEPAT: Warga Kelurahan Keputih dan sekitarnya mengikuti rapid test yang diselengga­rakan pemkot di Terminal Keputih kemarin.
 ?? GRAFIS: RIZKY JANU/JAWA POS ??
GRAFIS: RIZKY JANU/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia