Jawa Pos

Angkutan Umum Mati Suri

-

MOJOKERTO, Jawa Pos – Perpanjang­an larangan mudikbalik berimbas langsung terhadap aktivitas angkutan umum di Kota Mojokerto. Selain jumlah armada berkurang drastis, daya jangkau trayek menurun.

Sebelumnya, setelah pandemi Covid-19 berdampak luas sejak Maret, aktivitas moda angkutan umum di area kota mengalami penurunan. Aktivitas itu turun drastis saat Ramadan hingga Lebaran karena larangan mudik. Kondisi Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto, sebagai pusat pertemuan angkutan umum pun sepi. Hanya ada segelintir angkutan umum yang beroperasi. Selebihnya, banyak yang dikandangk­an. Juga ketika arus mudik-balik Lebaran tahun ini.

’’Sejak arus mudik hingga sekarang tidak ada lagi aktivitas pemudik maupun balik,’’ ungkap Kepala UPT DLLAJ Mojokerto Yoyok Krisyowaho­no kemarin (4/6). Dia menuturkan, perpanjang­an larangan tersebut menambah sepi aktivitas angkutan umum hingga di Terminal Kertajaya.

Masa larangan arus mudik-balik Lebaran tahun ini sedianya berakhir pada 30 Mei. Lalu, pemerintah pusat memperpanj­ang larangan itu hingga 7 Juni. Yoyok menjelaska­n, kendati aktivitas transporta­si umum mati suri, tercatat segelintir moda transporta­si tetap beroperasi. Misalnya, bus yang memiliki trayek nondaerah PSBB (pembatasan sosial berskala besar). ’’Itu seperti trayek ke Pasuruan. Itu pun hanya sebagian yang jalan. Sekitar 10–15 unit dari 70 unit kendaraan yang biasa beroperasi,’’ jelasnya.

Kendaraan pengangkut umum berkapasit­as kecil itu juga menurunkan daya jangkau trayek. Contohnya, bus hijau trayek Mojokerto–Surabaya efektif berjalan dari Mojokerto hingga kawasan Krian, Sidoarjo, saja. Sebab, bus tidak dapat masuk ke kawasan Surabaya yang memberlaku­kan PSBB. ’’Bus kuning hanya sampai Japanan (perbatasan Pasuruan), lalu balik Mojokerto lagi,’’ kata dia.

 ?? SOFAN KURNIAWAN//JPRM ?? SEPI: Masa larangan mudik-balik yang diperpanja­ng membuat aktivitas transporta­si umum lumpuh. Foto bawah, sejumlah orang tidur di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto, karena minimnya aktivitas.
SOFAN KURNIAWAN//JPRM SEPI: Masa larangan mudik-balik yang diperpanja­ng membuat aktivitas transporta­si umum lumpuh. Foto bawah, sejumlah orang tidur di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto, karena minimnya aktivitas.
 ?? SOFAN KURNIAWAN//JPRM ??
SOFAN KURNIAWAN//JPRM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia