Jawa Pos

Pasien Terbanyak Usia 40–69 Tahun

-

KASUS pasien positif Covid-19 di Kota Delta terus merangkak naik. Kemarin (4/6) ada penambahan satu kasus anyar. Sehari sebelumnya, penambahan­ya mencapai 19 orang. Total warga Sidoarjo yang terpapar virus korona jenis baru 703 orang.

Paling banyak warga yang terpapar berusia 40–69 tahun. Jumlahnya lebih dari 500 orang. Persentase kematian penderita paling tinggi ada di kelompok lanjut usia (lansia). Yakni, mereka yang telah berumur 60 ke atas. ’’Rata-rata memiliki penyakit penyerta,’’ kata Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf

Satriawarm­an SpPros. Antara lain, hipertensi, diabetes, dan penyakit bawaan lain.

Untuk anak dan remaja, jumlahnya sekitar 50 anak. Usianya beragam, mulai nol sampai 19 tahun. Bahkan, ada bayi 4 bulan yang positif Covid-19. Bayi tersebut telah menjalani perawatan intensif di RSUD Sidoarjo. Dia sudah pulang setelah dinyatakan negatif dari hasil tes swab sebanyak dua kali.

Sejak Maret sampai kemarin, RSUD Sidoarjo telah merawat 25 pasien. Mereka terdiri atas 8 bayi dan 17 anak. Dari jumlah tersebut, hanya seorang yang positif Covid19. Yakni, bayi usia 4 bulan. ’’Sisanya, hasil rapid test reaktif,’’ ungkap Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP.

Dengan beragamnya usia penderita Covid-19 tersebut dan adanya anak yang terpapar, Syaf mengimbau agar masyarakat menerapkan hidup sehat. Semua orang wajib melaksanak­an prosedur jaga jarak dan memakai masker. ’’Memutus mata rantai penukaran,’’ ungkapnya. Selain pencegahan, pihak dinkes gencar melakukan pelacakan. Salah satu caranya adalah uji cepat. Tujuannya, memudahkan penemuan kasus baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia