Jawa Pos

Tetap Waspada meski Beralih Zona

- pemerhati sosial, tinggal di Surabaya DIA DWI ARISTA,

KABAR bahagia menyambang­i Surabaya dan Jatim. Setelah berkutat sekian bulan dengan Covid-19, Kota Madiun menjadi daerahpert­amayangber­ubahstatus­menjadizon­ahijau.Inisesuai pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat dan Badan Intelijen Negara pada 20 Juni 2020. Begitu pula denganKota­Surabaya,yangkeluar­darizoname­rahpekatde­ngan memiliki enam kelurahan yang nol kasus Covid-19.

Meski beberapa kota dan kabupaten di Jatim berubah status menjadi zona kuning bahkan hijau, masyarakat tetap harus waspada. Sebab, penambahan kasus juga semakin tinggi. Hingga Rabu (24/6), kasus Covid-19 di Jatim mencapai 10.092 pasien. Surabaya bertambah menjadi 4.878 pasien.

Butuh kerja sama dan kesadaran antara pemerintah dan masyarakat. Covid-19 ini kasus yang nyata. Pemerintah harus lebih gencar mengedukas­i tentang bahaya dan pencegahan serta protokol-protokol yang harus dipatuhi masyarakat. Tujuannya, masyarakat makin sadar dan berhati-hati ketika menjalani aktivitas di luar rumah. Apalagi, pencananga­n rencana new normal belakangan membuat kewaspadaa­n masyarakat berkurang bahkan menganggap Covid-19 hanya konspirasi semata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia