Jawa Pos

Persebaya Berkandang di Mana?

GBT dan G10N Masih Direnovasi

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Liga 1 2020 bakal bergulir lagi. Hanya, format kompetisi belum pasti. Jika nanti memakai sistem home tournament, Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa menjadi tuan rumah.

Penyebabny­a, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) saat ini masih direnovasi. ’’Renovasi ditargetka­n rampung pada Desember,’’ kata Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso kepada Jawa Pos. Selama proses renovasi, stadion berkapasit­as 50 ribu penonton itu tidak bisa digunakan untuk menggelar pertanding­an. ’’Bukan hanya Persebaya, melainkan siapa pun yang mau pakai juga belum bisa,’’ tambah Edi.

Kalaupun proses renovasi rampung, stadion juga tidak bisa langsung dipakai. Sebab, GBT memang dipersiapk­an sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun depan. ’’Kalau ada yang mau sewa, entah itu Persebaya ataupun timnas, kami harus mengajukan izin dulu ke tim teknis (Piala Dunia) PSSI,’’ jelas Edi. Jika ada izin, stadion baru boleh digunakan. Karena itu, pemakaian GBT tidak bisa sembaranga­n.

Saat ini renovasi sudah memasuki tahap pemasangan single seat. Seluruh pemasangan tuntas pada akhir Agustus. Nah, dengan single seat, kapasitas GBT akan menyusut. Saat ini tanpa single seat stadion mampu menampung 50 penonton. Nah, dengan sistem single seat, GBT hanya bisa menampung 46.806 penonton. Perinciann­ya, 41.806 dari tribun ekonomi dan 5.000 lainnya dari tribun VIP.

Setelah single seat, renovasi berlanjut ke pemasangan rumput baru. Jika melihat jadwal, pemasangan rumput anyar dilakukan pada Agustus‒Oktober. Selain itu, di sela pemasangan rumput, kapasitas penerangan ditambah menjadi 2.400 lux. Lampu dipasang pada September‒Oktober.

Dengan begitu, pada sisa musim ini, termasuk musim depan, Persebaya belum tentu bisa bermain di Surabaya. Lalu, bagaimana alternatif­nya? Sejatinya pada awal musim Persebaya sempat meminta Stadion Gelora 10 November (G10N) untuk dijadikan home base kedua musim ini. Namun, stadion di Kecamatan Tambaksari itu juga dalam proses renovasi. Stadion tersebut akan digunakan sebagai salah satu tempat latihan di Piala Dunia U-20.

Karena itu, satu-satunya solusi adalah memakai Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Meski begitu, manajemen Persebaya masih menunggu kejelasan kompetisi. Termasuk kapan dimulai dan bagaimana formatnya.

 ?? ROBERTOS RISKY/JAWA POS ?? BELUM BISA DIPAKAI: Lapangan di Stadion Gelora 10 November tengah diratakan. Lapangan ini belum bisa digunakan untuk latihan maupun pertanding­an.
ROBERTOS RISKY/JAWA POS BELUM BISA DIPAKAI: Lapangan di Stadion Gelora 10 November tengah diratakan. Lapangan ini belum bisa digunakan untuk latihan maupun pertanding­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia