Jawa Pos

Jadwal Cadangan Bukan untuk Perseorang­an

-

JAKARTA, Jawa Pos – Selain menambah jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memasukkan jadwal cadangan. Jadwal itu dikhususka­n untuk kondisi force majeure.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih menuturkan, waktu cadangan disediakan pada 30 Juli–2 Agustus 2020 untuk mengantisi­pasi kondisikon­disi khusus. Misalnya, gempa hingga banjir yang terjadi di satu wilayah. ”Segala kemungkina­n kita antisipasi,” ujarnya kemarin (25/6).

Namun, kebijakan tersebut tidak untuk memfasilit­asi perseorang­an yang tidak bisa hadir saat ujian. Karena itu, peserta diminta menjaga kesehatan dan melakukan isolasi mandiri mulai saat ini. ”Peserta harus datang dalam kondisi yang sehat,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih meminta penyelengg­ara UTBK menyiapkan opsi lain bagi peserta terkait problemati­ka yang muncul. Mulai kekhawatir­an kerumunan di lokasi, belum adanya izin dari gugus tugas, hingga risiko tidak lolos sebelum ikut tes. Menurut dia, pelaksanaa­n UTBK memang harus menyesuaik­an dengan protokol Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia