Jawa Pos

PSI Lanjutkan Konvensi Pekan Depan

-

PENJARINGA­N bakal calon wali kota (bacawali) di DPD PSI Surabaya kembali dilanjutka­n. Pekan depan, partai besutan Grace Natalie itu mengadakan debat terbuka bagi para calon yang lolos seleksi pada Februari lalu. Agenda tersebut mundur tiga bulan akibat pandemi Covid-19.

Sebagaiman­a diketahui, ada enam bacawali yang lolos penjaringa­n di internal partai. Yakni, Wakil Ketua DPD Golkar Jatim Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans, Firmansyah Ali, Dwi Astutik, Saly Azaria, Andi Budiman, dan Budi Santoso. Mereka beradu gagasan dalam proses konvensi terakhir pada 4 Juli mendatang.

Ketua DPD PSI Surabaya Josiah Michael mengakui, proses di internal partai memang sempat tertunda. Namun, konvensi tetap harus dijalankan. ’’Kami sudah sepakat melanjutka­n debat visimisi enam kandidat yang lolos pada 4 Juli nanti,’’ ujarnya pada Rabu (24/6).

Josiah menyatakan, selama agenda debat ditunda, para calon memang terpantau terus bergerak. Berdasar hasil pengamatan tim internal, ada beberapa kandidat yang memiliki tingkat elektabili­tas dan popularita­s yang lumayan. Itulah yang menjadi salah satu pertimbang­an meloloskan kandidat untuk diusung dalam pilwali mendatang.

Hasil debat akan langsung diumumkan. Setelah itu, partai yang didominasi anak-anak muda itu bakal menguatkan sikap terkait dengan koalisi. ’’Nanti, setelah debat, kami putuskan. Namun, semua tetap dikembalik­an ke DPP (dewan pimpinan pusat),’’ terangnya.

Josiah menyadari posisi saat ini memang cukup sulit. Sebab, partai yang belum menentukan sikap hanya PSI. Delapan partai lain sudah merapat ke kubu Machfud Arifin, termasuk P K S yang belakangan ikut bergabung. Sementara itu, PDIP memilih untuk tidak berkoalisi.

Meski begitu, dalam waktu dekat sikap partai diumumkan. Entah akan merapat ke kubu Machfud Arifin atau ke kubu PDIP. ’’Tentu ada pertimbang­an-pertimbang­anyang harus diambil sebelum menentukan sikap. Itu terus kami komunikasi kan dengan DPP,’ katanya.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya tersebut mengungkap­kan, pihaknya sudah melakukan komunikasi politik ke kedua kubu. Namun, Josiah belum mau membuka hasil konsolidas­i dengan partai-partai lain. Yang jelas, PSI menentukan sikap dalam dua pekan ke depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia