Jawa Pos

Pasang Tiang PJU setelah Fondasi Kuat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebagian guardrail terpasang di proyek box culvert Saluran Diversi Gunungsari Sisi Timur (Manukan–Banjar Sugihan). Jalur pedestrian juga dibangun. Artinya, proyek itu masuk tahap penyelesai­an.

Ya, awal Juni lalu, pemasangan box culvert sepanjang 764 meter tuntas. Saat dikunjungi kemarin (25/6), bagian atas beton itu telah dilapisi cor. Tak lama lagi badan jalan bisa dilewati. ’’Sekarang ngebut finishing,’’ tutur Iwan Kris, ketua pelaksana proyek.

Iwan menyampaik­an, pembanguna­n beton segi empat bertulang di saluran diversi dimulai dari Kelurahan Manukan Kulon, Tandes, hingga sebelum Banjar Sugihan, Tandes. Tidak hanya berfungsi sebagai saluran pembuangan utama, tapi juga sebagai pelebaran jalan. ’’Kalau sudah jadi ruas jalan, arus lalu lintas bisa makin lancar,’’ ujarnya.

Dia menargetka­n bulan depan kendaraan sudah bisa lewat. Karena itu, sisa pekerjaan yang belum tuntas terus dikebut. Besi pembatas jalan, misalnya. Selain itu, tabebuya ditanam di sekitar median jalan. ’’Jumlahnya sekitar 380 pohon,’’ jelasnya.

Iwan menyatakan, penambahan tiang penerangan jalan umum (PJU) menjadi satu paket proyek. Dia menerangka­n bahwa PJU akan dikerjakan setelah fondasi beton benar-benar kuat.

Bagaimana dengan jalur pedestrian? Pria asal Trenggalek itu menjelaska­n, saat ini baru dibangun saluran U-ditch berukuran 100 x 120 sentimeter. Ke depan, bagian atas beton ditambah topping berupa cor-coran. Setelah itu dikeramik. ’’Bertahap dan tuntas,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia