Jawa Pos

Air Keruh, Pipa PDAM Jalan Bulaksari Diperbaiki

-

SURABAYA, Jawa Pos – Banyaknya endapan lumpur di dalam pipa mengakibat­kan kualitas air PDAM Surya Sembada di Jalan Bulaksari, Wonokusumo, Semampir, keruh. Warga di sekitar pun mengeluh. Kemarin (25/6) perbaikan dilakukan. Untuk mengembali­kan kualitas air, petugas PDAM melakukan pengurasan dan pembersiha­n lumpur di dalam pipa.

Anwar, koordinato­r pekerja, menjelaska­n bahwa air keruh disebabkan kebocoran pipa sehingga tanah masuk ke dalamnya. Karena kondisi tersebut telah berlangsun­g cukup lama, tanah yang masuk ke pipa makin banyak. Akibatnya, kualitas air menjadi keruh.

’’Sambil memperbaik­i pipa yang bocor, sebagian air kami kuras sampai bersih,’’ katanya. Meski ada pengurasan, pendistrib­usian air ke rumah penduduk tidak berhenti total. Hanya, volume air yang keluar berkurang atau kecil.

Manajer Humas PDAM Surya Sembada Adi Nugroho menyatakan, air keruh lantaran pipa bocor. Biasanya, pipa bocor merupakan dampak pengerjaan galian tanah. Misalnya, pemasangan box culvert dan kabel. Kencangnya getaran galian membuat pipa PDAM pecah. Besarnya lubang yang bocor mengakibat­kan tanah masuk ke pipa dan memengaruh­i kualitas air. ’’Kalau terjadi air keruh, biasanya di seputaran lokasi pasti ada pengerjaan galian tanah seperti pemasangan box culvert,’’ ungkap Adi.

Untuk mengembali­kan kualitas, satu-satunya jalan adalah air harus dikuras. Yaitu, air dibuang sampai kembali normal. Jadi, semua lumpur dapat ikut terbuang.

Adi menegaskan, permukiman padat di Surabaya Utara menjadi fokus perhatiann­ya. Terutama di daerah yang terdapat proyek dan bisa mengganggu pendistrib­usian air.

 ?? SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS ?? AGAR KUALITAS AIR MEMBAIK: Petugas membersihk­an pipa dari endapan lumpur di Jalan Bulaksari, Wonokusumo, kemarin.
SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS AGAR KUALITAS AIR MEMBAIK: Petugas membersihk­an pipa dari endapan lumpur di Jalan Bulaksari, Wonokusumo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia